Sah! Pilkada Sleman Diikuti Tiga Paslon

SLEMAN, SM Network – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) dalam Pilkada 2020. Keputusan ini diambil saat rapat pleno tertutup, Rabu (23/9), yang diikuti oleh seluruh komisioner KPU.
Tiga paslon tersebut yakni Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa yang diusung PDIP dan PAN, Sri Muslimatun-Amin Purnama usulan partai Nasdem, PKS, dan Golkar; serta pasangan Danang Wicaksana Sulistya-Agus Choliq yang didukung Gerindra, PKB, dan PPP.

“Kami berlima (komisioner) sepakat bulat bahwa semua bakal pasangan calon memenuhi syarat, dan ditetapkan sebagai pasangan calon. Surat keputusan sudah disampaikan kepada ketiga paslon,” kata Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi ditemui usai pleno.

Adapun persyaratan yang dimaksud yakni pencalonan dan calon. Semua syarat itu dinyatakan lengkap dan sah. Dari segi kesehatan, para calon juga dinyatakan sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkotika.

Setelah penetapan, tahapan berikutnya adalah pengundian nomer urut yang dijadwalkan Kamis (24/9) pagi di Gedung Serba Guna. Untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19, hanya pihak terkait saja yang diperbolehkan hadir. “Kami hanya mengundang paslon, 2 orang dari masing-masing parpol, 1 LO atau penghubung, dan 2 orang perwakilan tim kampanye dari tiap pasangan,” beber Trapsi.

Saat acara pengundian nomer urut, parpol maupun paslon dilarang mengerahkan massa. Imbauan agar tidak membawa pendukung ini sudah disampaikan kepada partai saat rakor.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sleman Noor Aan Muhlishoh menambahkan, peraturan KPU mengenai penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi telah diundangkan dan berlaku untuk semua pihak. Jika ditemukan pelanggaran protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada, langkah penindakan menjadi ranah wewenang kepolisian.

“Kami sudah melakukan antisipasi. Termasuk untuk agenda pengundian nomer urut besok, sudah diatur jumlah peserta yang berada di dalam dan luar ruangan,” tukasnya.(Amelia Hapsari)

Tinggalkan Balasan