SM/Arif Widodo - BERI PAPARAN : Tim Tahsinul Jam'iyah memberi paparan saat pelaksanaan Safari Ramadan di Rowokele, Kebumen, Senin (19/4).

KEBUMEN, SM Network – Safari Ramadan PCNU Kebumen mulai bergulir Senin (19/4). Kegiatan yang berlangsung hingga Kamis (22/4) itu menyasar 26 Majelis Wakil Cabang (MWC) NU di Kebumen.

“Kita bagi tujuh tim, yang masing-masing tim ada tiga atau empat MWC,” kata Ketua Panitia Safari Ramadan Munajat.

Menurut Munajat, tim tersebut melibatkan unsur Syuriyah, Tanfidziyah, Lazisnu, Maarif, perumus serta aseso dari IAINU dan UMNU Kebumen. “Kegiatan tersebut untuk penguatan dan pembinaan organisasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Safari Ramadan yang menjadi agenda rutin PCNU Kebumen, tahun ini dikemas berbeda dengan diisi Tahsinul Jam’iyah. Menariknya, kegiatan saat Puasa itu dengan hadiah motor.

Pelaksanaan kegiatan layaknya akreditasi itu hasilnya akan muncul grading atau tingkatan, meliputi unggul, baik sekali, baik dan cukup. Jika hasil penilaian atau poinnya unggul, kata Munajat, maka hadiah sudah pasti menanti.

Penghargaan tersebut akan dimasukkan dalam kegiatan bertajuk “PCNU Award” dan hadiahnya diserahkan pada Hari Santri. Sebelumnya masih ada rangkaian kegiatan Safari Muharom berupa konfirmasi dan visitasi (istiqra’) atas pelaksanaan Tahsinul Jam’iyah yang dimulai Senin (19/4).

Pada hari pertama pelaksanaan Tahsinul Jam’iyah itu berlangsung di Ayah, Sempor, Buayan, Rowokele, Sruweng, Alian, dan Poncowarno. Masing-masing MWC NU yang didatangi tim dari PCNU Kebumen itu tidak hanya melibatkan pengurus, namun juga unsur kelembagaan serta Badan Otonom (Banom).