Sadis, Suami Istri di Temanggung Bunuh Ibu Kandung Jasadnya Digantung

TEMANGGUNG, SM Network – Entah apa yang ada di benak Supangat (48), hingga tega membunuh Naruh (75) ibu kandungnya sendiri dengan cara dipukul menggunakan kayu lalu digantung di pohon rambutan belakang rumah. Bahkan dalam aksinya dia dibantu Hidayah Murwati (32) istrinya. Sontak kejadian pembunuhan anak kepada ibunya itu membuat geger warga Dusun Jeketro, Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.

Kapolres AKBP Muhamad Ali mengatakan, kronologi kejadian bermula pada Sabtu (22/8) ada laporan orang gantung diri di Dusun Jeketro, Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat. Anggota pun melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP). Namun setelah didalami ternyata ada kejanggalan karena ada ketidaksinkronan antara laporan dan hasil visum.

“Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), kami menemukan kejanggalan dan dilanjutkan penyelidikan. Kesimpulan bahwa korban meninggal bukan karena bunuh diri kita kuatkan dengan hasil autopsi di mana disimpulkan kematian korban bukan karena gantung diri tapi dijerat. Dari situ akhirnya ditetapkan anak korban dan menantunya sebagai tersangka pelaku pembunuhan. Motif sementara dari pelaku mengaku mendapatkan bisikan untuk membunuh ibunya,”ujarnya Senin (24/8).

Kendati demikian dari pendalam didapati sebenarnya ada motif ekonomi namun untuk kepastiannya sedang di dalami polisi. Meski Pangat masih bersikukuh perbuatan sadisnya dilakukan karena bisikan goib, tapi pengakuan istrinya, Hidayah Murwati menuturkan ada motif ekonomi dibalik perbuatan durhaka anak kepada ibunya tersebut.

Ali menjelaskan bahwa dalam aksinya suami istri tak tahu diri ini tergolong sadis dalam menghabisi nyawa Naruh yang telah uzur tersebut. Bagaiamana tidak, korban saat tidur lelap dipukul menggunakan kayu pada bagian kepala hingga sekarat. Dalam keadaa tak berdaya korban dijerat menggunakan tali yang telah dipersiapkan lalu digotong ke belakang rumah dan digantung di pohon rambutan.

Cara tersebut hanya sebagai modus untuk menghilangkan jejak agar seolah-olah Naruh mati karena gantung diri. Sesaat setelah itu Pangat dan Hidayah masuk ke dalam rumah mengambil beras lalu keluar lagi pura-pura hendak mencuci beras dan pura-pura histeris berteriak “mbok,mbok,mbok”. Setelah itu dia memanggil adiknya yang rumahnya tidak terlalu jauh lalu bersama-sama menurunkan jasad ibunya.

Kepada wartawan Pangat tetap bersikukuh bahwa aksinya bukan atas kemauannya namun karena ada sesuatu yang menggerakkannya secara goib. Sebelum kejadian ada bisikan sebanyak dua kali dengan kalimat “ayo-ayo” dan tiba-tiba tubuh dan tangannya tergerak untuk membunuh ibu kandungnya yang tengah tertidur lelap di kamarnya.

“Saya sebenarnya tidak tega tapi seperti ada bisikan menarik badan saya sehingga reflek menuju orang tua bisikannya dua kali “ayo-ayo gitu. Pakai tongkat saya pukul kepala sebelah kiri belakang, sampai sekarat. Habis itu lalu leher) saya kasih tali di bawa ke belakang rumah diikuti istri, memang istri saya ajak untuk melakukan ini (pembunuhan),”katanya tanpa merasa bersalah.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya kedua tersangka masih meringkuk di sel tahanan Polres Temanggung guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Mereka dijerat Pasal 44 ayat 33 Undang-Undang nomor 23 Tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Lalu dijerat pula dengan Pasal 338 KUH Pidana tentang pembunuhan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.


Raditia Yoni Ariya/K41

9 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  3. 483654 331419Hey! Fine post! Please keep us posted when I can see a follow up! 755289

  4. 429584 967378I was trying to discover this. Genuinely refreshing take on the details. Thanks a whole lot. 31450

  5. 86094 301560Merely wanna state that this really is very beneficial , Thanks for taking your time to write this. 146943

  6. 698682 844367Woh I like your content , saved to favorites ! . 518174

  7. 383036 825276Interested in start up a online business on line denotes revealing your service also providers not only to humans within your town, nevertheless , to numerous future prospects which are cyberspace on many occasions. pays every day 866393

Tinggalkan Balasan