Rumah Wanita Dengan Gangguan Jiwa Terbakar

SM/Dok - PADAMKAN API : Petugas Damkar berusaha memadamkan api yang membakar rumah warga Desa Jenar Wetan, Kecamatan Purwodadi, kemarin.

PURWOREJO, suaramerdekakedu.id – Musibah kebakaran menimpa sebuah rumah milik warga RT 02 RW Desa Jenar Wetan, Kecamatan Purwodadi, Rabu (11/5) malam.

Kebakaran terjadi pada rumah milik seorang wanita yang mengalami gangguan kejiwaan berinisial AT. Diduga api berawal dari lilin yang dinyalakan korban untuk penerangan di rumahnya. Kerugian dari kejadian ini mencapai puluhan juta rupiah.

Bacaan Lainnya

“Benar pada hari Rabu, tanggal 11 Mei 2022 sekira pukul 21.30 WIB telah terjadi peristiwa Kebakaran Rumah milik Korban, yang sebelumnya pada pukul 18.00 WIB korban menyalakan lilin untuk penerangan dalam rumah, karena rumah milik Korban tidak menggunakan listrik,” ungkap Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Hariyono saat dikonfirmasi pada Kamis (12/5).

Dikatakan, lebih kurang pukul 21.15 WIB lilin yang dinyalakan korban jatuh mengenai tumpukan sampah berbentuk plastik yang berada di dalam rumah. Kejadian tersebut membuat rumah korban seketika terbakar.

“Melihat kejadian tersebut saksi yang melihat kejadian langsung memberitahukan kepada warga sekitar untuk membantu memadamkan api tersebut dan menghubungi pihak Polsek Purwodadi serta Damkar,” terangnya.

Pada Pukul 22.00 WIB, lanjutnya, api sudah dapat berhasil di padamkan. Adapun ukuran rumah korban memiliki luas 9 kali 6 meter, terbuat dari dinding batu bata serta atap sudah dalam keadaan rapuh dan rusak.

“Atas kejadian tersebut dapat ditafsir kerugian sebesar lebih kurang Rp 40 juta. Kondisi kesehatan jiwa korban terganggu dan lingkungan di dalam serta di luar rumah korban dipenuhi sampah berbentuk plastik dan kertas,” katanya.

Setelah menerima laporan, kata Hariyono, petugas Damkar langsung berangkat ke lokasi untuk penanganan dan pemadaman api. Setibanya di lokasi tim Damkar langsung melakukan pemadaman dan setelah api dapat terkondisikan petugas juga memastikan api tidak menyala lagi.

Setelah situasi dinyatakan aman kemudian tim melakukan pengecekan peralatan untuk kemudian selanjutnya tim kembali ke Mako Damkar.

“Pengerahan unit dalam kejadian ini 4 unit truk Damkar dan 1 Patwal. Pengerahan personil pemadaman ada 25 personil Damkar dibantu pihak Polsek Purwodadi, Koramil, PMI, Trantib Kecamatan, serta relawan,” tandasnya. (fid)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan