Tradisi Wiwitan Tembakau, Dimulainya Panen Raya Tembakau

TEMANGGUNG, SM Network – Tradisi wiwitan tembakau yang dilaksanakan di tiga Gunung, yakni Prau, Sindoro, Sumbing menandai dimulainya panen raya tembakau di Kabupaten Temanggung. Jika wiwitan biasanya dilaksankan meriah dengan gelaran kembul bujana kali ini dilaksanakan sederhana dan secara terpisah karena ada pandemi Covid-19.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengatakan, pada tahun sebelumnya wiwitan digelar di Alun-Alun dihadiri ribuan orang dari seluruh penjuru Temanggung, namun karena saat ini sedang wabah corona, maka wiwitan dilakukan secara terpisah di tiga wilayah gunung. Wiwitan merupakan tradisi petani secara turun temurun pada masa panen yang didalamnya ada ritual dan menggelar mujahadah atau doa bersama-sama dengan harapan hasil panen bagus harga tinggi.

Di Gunung Prau wiwitan digelar di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, di Gunung Sindoro wiwitan di gelar di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, sedangkan di Gunung Sumbing wiwitan digelar di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu. Di Prau dan Sindoro, ritual didahului dengan pemetikan perdana daun tembakau di ladang, lalu di Desa Wonosari ditandai Bupati Khadziq merajang daun tembakau sebagai simbol dimulainya masa panen raya.

“Ini merupakan rangkaian dari ikhtiar kita bersama menuju panen raya tembakau tahun 2020 yang mensejahterakan masyarakat Kabupaten Temanggung. Ikthtiar lahir terus dilakukan namun harus juga diiringi ikhtiar batin memohon kepada Allah agar panen kali ini sesuai harapan, tembakau bagus harga tinggi petani sejahtera dan rejeki barokah,”ujarnya Jumat (24/7) malam.

Sebelumnya Pemkab Temanggung sudah bertemu dengan perwakilan pabrik rokok, mengumpulkan grader, dan disampaikan dalam masa pandemi masyarakat sedang mengalami kesulitan ekonomi, tapi kondisi tanaman tembakau di Temanggung sangat bagus. Maka pabrikan diminta kepeduliannya jangan sampai kendor, dan berharap tembakau benar-benar menjadi obat dari situasi yang sulit ini.

“Pabrik-pabrik sendiri menyatakan setuju untuk bersama-sama dengan pemerintah mengawal pertembakauan ini, sambil ngemong kondisi petani yang sedang sulit. Pabrik berjanji tidak akan mengambil keuntunan sesaat dari situasi Covid-19, karena pabrik berharap bisa menjalin kerjasama dengan petani dalam jangka panjang, bukan hanya mencari keuntungan sesaat. Pabrik juga diyakini tidak akan menggunakan isu Covid-19 untuk menekan harga tembakau,”katanya.

Kepala Desa Campurejo, Kecamatan Tretep Agus Setyawan mengatakan, memang ada rasa khawatir dari petani tembakau di masa pandemi Covid-19 ini. Ada harapan besar dari sektor pertembakauan setelah sebelumnya bawang remuk, cabai remuk. Jika tembakau terbeli dengan harga wajar maka kondisi Temanggung bisa kondusif. Agus menegaskan kondisi tanaman tembakau di tiga Gunung, Sumbing, Sindoro, dan Prau sangat bagus.

“Memang ada rasa was-was karena ada pandemi dan sampai sekarang kita masih menunggu penerapan protokol kesehatan di pabrikan yang belum jelas. Kalau secara kualitas hasil panen kali ini sangat bagus maka kami berharap pabrikan membeli tembakau petani dengan harga wajar,”pintanya.

Kepala Desa Bansari Herlan menuturkan, agar pihak pabrikan bisa membeli tembakau dengan harga baik sesuai kualitas. Hampir sama dengan petani Gunung Prau, petani Gunung Sindoro juga belum lama ini mengalami kerugian akibat tanaman hortikultura yang ditanam tidak sesuai harapan karena anjloknya harga. Harapan terakhir ada di tanaman tembakau.

Kepala Desa Wonosari Agus Parmuji menuturkan, saat ini rintangan petani tidak hanya soal harga tembakau saja, tapi juga masalah regulasi pertembakauan dari pemerintah yang semakin ke sini jutsru semakin membelenggu kemerdekaan petani. Dia berharap pemerintah memperhatikan nasib petani dari segala aspek.


Raditia Yoni Ariya/K41

12 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  3. I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  4. 936455 197637I actually like forgathering utile info, this post has got me even a lot more information! . 922642

  5. 618680 295583Attractive part of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to claim that I acquire in fact enjoyed account your weblog posts. Any way Ill be subscribing to your feeds and even I achievement you get entry to constantly swiftly. 831034

  6. 540489 786537Hey there, I think your blog may be having browser compatibility issues. When I appear at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, superb blog! 286192

  7. 279815 742946Wonderful post, Im searching forward to hear more from you!! 671081

  8. 476269 973464Its really a cool and helpful piece of information. Im glad that you shared this useful information with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing. 658201

  9. 586323 466242baby strollers with high traction rollers ought to be much safer to use compared to those with plastic wheels- 190809

Tinggalkan Balasan