Ribuan Truk Disemprot Disinfektan

MUNGKID, SM Network – Komunitas pengemudi truk besar di Magelang, DDMI dan MTC melakukan penyemprotan disinfektan pada ribuan truk golongan c yang melintas di Simpang Tiga Jerung Agung Srumbung Kabupaten Magelang, Kamis (26/3). Ketua Dyna Dutro Mania Indonesia (DDMI), Evin Susanto mengatakan bahwa kegiatan ini pertama kali mereka lakukan.

“Sebanyak satu tangki besar berisi 5000 liter cairan desinfektan kita siapkan. Dan kegiatan ini juga didukung beberapa pengusaha tambang material merapi di wilayah Srumbung,” jelasnya.

Evin menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud aksi solidaritas para pengemudi truk untuk menjaga kesehatan diri terhadap penyebaran virus corona. “Kita semprotkan cairan di bagian bodi kendaraan dan bagian dalam mobil juga. Para pengemudi juga tidak merasa keberatan, dan berterima kasih,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Evin, bahwa ribuan pengemudi truk yang melintas di wilayah ini banyak berasal dari luar Kabupaten Magelang. Banyak juga berasal dari daerah pandemi corona seperti Semarang, Yogyakarta, Solo, dan lainnya. “Oleh sebab itu kami lakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus tersebut yang mungkin terbawa dari luar daerah,” ujar Evin. Kegiatan tersebut akan berlanjut melihat situasi dan kondisi.

“InsyaAllah kegiatan ini akan dilakukan secara berkala, besok dan hari Minggu rencana akan diadakan lagi. Bisa di lokasi sama atau beda jalur, dengan sasaran utama armada truk dan kendaraan yang melintas,” imbuhnya.

Evin berharap agar wabah virus corona ini lekas terselesaikan. “Saya berharap kondisi seperti ini dapat segera membaik dan menghilang dari Indonesia,” harap Evin. Sementara itu, Ketua Magelang Truk Community (MTC), Nida Nur Afandi menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya pencegahan.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati, namun pekerjaan tetap berjalan. Karena perputaran uang di pekerjaan ini cukup besar,” tambahnya. Diterangkanya juga, bahwa selama ini langkah sosialisasi protokol kesehatan juga sudah diberikan kepada para pengemudi truk golongan C di area tambang Srumbung.

“Kami sarankan selalu menggunakan masker, sering-sering mencuci tangan dan selalu menjaga kesehatan diri sendiri. Rencana besok kita akan buat beberapa banner yang berisi himbauan dan mengingatkan untuk menjaga kesehatan para pengemudi dan akan dipasang di beberapa titik,” terangnya.


Dian Nurlita

1 Komentar

  1. 80313 380328Dead written topic matter, Actually enjoyed reading by means of . 892980

Tinggalkan Balasan