SM /Dananjoyo - BANDARA : Calon penumpang menyusuri bangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta.

JOGJAKARTA, SM Network – Ribuan penumpang keluar masuk DIY melalui Yogyakarta International Airport (YIA) setiap harinya.

Hal ini diungkapkan General Manager (GM) Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama. Ia mengatakan, rata-rata penumpang pesawat di YIA mencapai 3.500 orang dalam sehari akhir-akhir ini.

“Rata-rata di angka 3.000-an. Di weekend ada lonjakan hingga 4.000 orang,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa belakangan ini terjadi peningkatan jumlah penumpang dan lalu lintas di udara yang mencapai 30 hingga 40 pergerakan penerbangan.

Bahkan hampir seluruh maskapai, sudah melaksanakan penerbangan dengan rute tertentu, lanjutnya.

“Dengan bertambahnya jumlah penumpang berarti pengawasan terhadap protokol kesehatan lebih ditingkatkan”, terangnya.

Disampaikannya juga pada 8 Juli 2020 lalu, YIA juga telah menerima penerbangan internasional dari Kuala Lumpur.

“Ini bertahap, kita buka untuk internasional. Kita sedang menunggu maskapainya siap melaksanakan penerbangan” jelas Pandu.

Saat ini pemeriksaan di bandara, telah menjadi wajib hukumnya sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan maupun Gugus Tugas. Seluruh calon penumpang harus tidak terindikasi, non-reaktif, maupun menunjukkan hasil lab swab negatif.

Semua pemeriksaan dilakukan oleh KKP. Apabila ada kasus tertentu, pada tahap pertama akan diketahui dari seluruh dokumen baik hasil lab maupun catatan rumah sakit yang menjadi rujukan.


Dananjoyo

3 KOMENTAR