Resmi, PT Sidoagung Farm Lolos Uji Emisi

MUNGKID, SM Network – Pabrik pakan ternak PT. Sidoagung Farm telah lolos uji emisi terkait dampak terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasional PT Sido Agung Tempuran, Asrof Nawawi, setelah melakukan video konferensi dengan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, yang diprakarsai Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, Senin (22/6).

Dalam rapat tersebut PT. Sidoagung Farm melaporkan kepada Menteri Perindustrian, terkait upaya-upaya untuk mencegah adanya pencemaran baik itu debu maupun bau sudah selesai. “Jadi untuk debu, pencegahan pencemaran debu, yang mungkin menyebar kepada masyarakat ini sudah tidak terjadi,” jelas Asrof.

Asrof juga menjelaskan bahwa pihaknya, sudah memasang alat beberapa waktu lalu, yang mana alat-alat itu berfungsi secara baik. “Ada dust filter, dust cleaner jaring dan terpal penutup ini berfungsi dengan baik sehingga debu ini sudah tidak beterbangan ke masyarakat,” ucapnya.

Yang kedua, terkait pencemaran terhadap bau, BPTPPI Semarang juga sudah mengevaluasi apa yang sudah dilakukan oleh PT. Sidoagung Farm karena dinilai kurang efektif. “Mereka melakukan uji emisi. Memang uji emisi itu hasilnya dibawah ambang batas. Namun kami ingin memberikan udara yang sebaik mungkin keasyarakat, yakni meminimalisir dampak dari pabrik ini,” papar Asrof.

Setelah melakukan uji emisi, langkah yang dilakukan selanjutnya yakni melakukan advis peninggian cerobong uap setinggi 68 M atau 2,5 lebih tinggi dari bangunan disekitarnya. Kemudian pihaknya juga membuat desain filter udara yang keluar dari mesin press, dengan sistem dryfilter. “Mereka membuatkan desainnya dengan mengukur semuanya seberapa uap yang dihasilkan seberapa besar pipa pipanya semuanya dan seberapa besar filter yang dibutuhkan,” terangnya.

Kemudian pihaknya juga membuat desain filter udara yang keluar dari mesin pressnya dengan sistem dray filter. Mereka membuatkan desainnya dengan mengukur semuanya seberapa uap yang dihasilkan seberapa besar pipa pipanya semuanya dan seberapa besar filter yang dibutuhkan.

“Akhirnya mereka membuat desain dengan pengawasan dan pendampingan oleh BPTPPI. Hal ini juga sudah dicek oleh DLH di Kabupaten Magelang, bahwa upaya itu sudah terselesaikan,” ungkap Asrof.

Asrof memaparkan bahwa semua sudah dilaporkan kepada Menteri Perindustrian dalam rapat tersebut. Dan hal tersebut menjadi titik berat, bahwa pihaknya sudah siap untuk melakukan uji coba termasuk saat operasional. “Pada saat non operasional kita sudah ujicoba semuanya baik, berjalan sesuai dengan semestinya. Tapi kita perlu membuktikan bahwa pada saat operasional dengan kapasitas yang kita targetkan ini mampu betul-betul meredam bau yang mungkin bisa timbul karena pabrik ini,” terangnya.

Dia juga mengaku telah mengirim surat laporan tersebut kepada Sekda dan Bupati Magelang. “Kemarin sudah, namun besok kami akan berkirim surat kembali. Dan besok akan kami tembuskan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah,” imbuhnya.

Asrof menambahan surat tersebut ditembuskan pada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, karena beberapa waktu sebelumnya mereka meminta laporan kepadanya. “Mereka minta laporan apa kendala kami di lapangan,” ungkapnya.

Asrof berharap, dengan surat berikutnya tersebut Bupati Magelang segera bisa memberikan ijin untuk beroperasi kembali. “Hal ini karena masyarakat sekitar cukup banyak yang membutuhkan pekerjaan. Mereka sudah datang meminta pekerjaan, kemudian ternak sekarang juga disini harga cukup tinggi, ayam mahal, telur juga mahal karena populasi turun akibat penurunan produksi pakan,” jelasnya.


Dian Nurlita/ita

6 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. Very good article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.

  3. 767589 12295Youre so cool! I dont suppose Ive read anything like this before. So nice to search out any individual with some original thoughts on this topic. realy thank you for starting this up. this website is 1 thing thats wanted on the internet, somebody with a bit of originality. helpful job for bringing something new towards the internet! 389123

  4. 732789 315782An intriguing discussion is worth comment. Im confident that you simply write regarding this subject, may possibly not be considered a taboo topic but typically persons are too little to communicate on such topics. To an additional. Cheers 717930

Tinggalkan Balasan