Relawan Sibat Bantu Warga Cegah Covid-19

MAGELANG, SM Network – Relawan Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) PMI Kota Magelang bersama warga Kelurahan Rejowinangun Utara berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah setempat. Berbagai kegiatan dilakukan bersama-sama, sehingga dapat mengurangi penularan virus Corona tersebut.

Koordinator Sibat PMI Kota Magelang, Bambang Margono mengatakan, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini didukung oleh bantuan dari PMI berdasarkan program kerja PMI Pusat. Termasuk dukungan dari IFRC (International Federation Red Cross) dan Red Cressent tentang penguatan respon Covid-19 di masyarakat untuk Sibat aktif.

Dia menuturkan, dalam pelaksanaannya, para relawan Sibat menggelar ragam kegiatan. Di antaranya edukasi PHBS (pola hidup bersih dan sehat) kepada warga dan anak-anak. Kemudian distribusi perlengkapan pendukung PHBS, sarana pendidikan, dan paket sembako.

“Untuk sarana pendidikan diberikan kepada anak-anak usia 6-12 tahun. Sementara untuk sembako sasarannya bagi warga ekonomi menengah ke bawah yang tengah menjalani isolasi mandiri,” ujarnya, Senin (22/2).

Bambang menyebutkan, kegiatan ini berlangsung sejak 8 Februari lalu dan berakhir pada 28 Februari mendatang. Dengan bantuan ini diharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga Kelurahan Rejowinangun Utara.

“Termasuk dapat mendorong adanya perubahan dalam praktik perilaku hidup bersih dan sehat, sebagai upaya pencegahan Covid-19. Tak kalah penting sebagai motivasi bagi anak-anak agar senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini dalam rangka pula penguatan kapasitas kepada masyarakat dalam hal penguatan lintas jejaring lintas sektoral komunikasi publik. Begitu pun untuk promosi edukasi pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kita terus berupaya meminimalkan dampak kejadian wabah di wilayah setempat,” imbuhnya. 

Tinggalkan Balasan