SM/Arif Widodo - KELILING : Sosialisasi kotak kosong dilakukan dengan keliling menggunakan mobil yang dipasang pengeras

KEBUMEN, SM Network – Dinamika Pilbup 2020 di Kebumen punya gereget dengan adanya relawan yang gencar menyosialisasikan kotak kosong (Koko).

Kali ini dari relawan koordinator kecamatan (Korcam) yang melaksanakan sosialisasi Koko menggunakan pengeras suara. “Untuk Korcam dilaksanakan dua hari menggunakan kendaraan yang dipasang alat pengeras suara,” ucap salah satu Presidium Masyarakat Kotak Kosong (Mas Koko), Beni Prihatno, Rabu (2/12).

Selain mobil yang dipasang pengeras suara, relawan yang keliling di masing-masing kecamatan itu juga diiringi motor. Tak lupa menyerukan yel-yel “Kotak Kosong Menang Kebumen Kondang”. Suasana semarak berlangsung di sepanjang jalan yang dilewatinya. Menurut Beni, kegiatan yang dilaksanakan serentak itu juga dilaksanakan pada Kamis (3/12).

Pihaknya membenarkan bahwa pesta demokrasi di Kebumen terasa gereget dengan masifnya sosialisasi Koko. Meskipun tak terstruktur, sosialisasi itu menghidupkan demokrasi yang diibaratkan mati lantaran hanya ada calon tunggal.

Selanjutnya, relawan Koko yang sudah merencanakan sosialisasi keliling sejak lama itu merealisasikan di masing-masing Korcam sebanyak 26 kecamatan. “Demokrasi di Kebumen tak boleh mati oleh kepentingan elite tertentu. Rakyatlah yang berdaulat untuk menentukan pemimpin ke depan,” terang Beni.

Dengan memilih kotak / kolom tanpa gambar pada surat suara, juga menentukan pemimpin. Di mana jika kotak kosong menang akan diisi oleh penjabat (Pj) atau pelaksana tugas (Plt) bupati. Malah dinilai kompeten karena diambil dari pejabat PNS setingkat eselon II.

Lebih lanjut, ssialisasi Koko akan ditutup dengan gelaran teatrikal kandi bodol (karung bekas) dan baju orange (rompi tahanan KPK). Rute teatrikal dari Karanggayam, Karanganyar, Gombong, Kuwarasan, Adimulyo dan Sruweng. “Teatrikal itu juga diikuti atraksi tari cepetan yang akan tampil di titik pasar tradisional,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu relawan Koko, Khoerul Anwar (Elung) yang ikut keliling di Kecamatan Kebumen menyampaikan antusias masyarakat cukup tinggi. Pihaknya pun optimistis Kebumen akan mencetak sejarah baru dengan kemenangan kotak kosong pada Pilbup 9 Desember 2020.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here