Refleksi Perjalanan Panjang Purworejo, Bupati Dan Wakil Ziarah ke Pendahulu


PURWOREJO, SM Network – Sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo beserta jajaran melakukan ziarah ke makam leluhur Kabupaten Purworejo, Senin (24/2).

Ziarah dilakukan ke empat bupati awal yakni RAA Tjokronegoro I, II, III, dan IV, serta ke makam Singowijoyo yang merupakan orang tua dari RAA Tjokronegoro I. Bupati beserta rombongan mengawali kegiatan ziarah dengan terlebih dulu ke makam Raden Singowijoyo di Desa Bragolan Kecamatan Purwodadi. Kemudian dilanjutkan ke makam Tjokronegoro I, III, dan IV di Desa Bulus, Kecamatan Gebang, dan ke makam Tjokronegoro II di  Kayulawang Desa Mudal, Kecamatan Purworejo.

Bupati Purworejo Agus Bastian mengatakan bahwa kegiatan ziarah ke makam para pendahulu ini merupakan refleksi sebuah perjalanan panjang dari terbentuknya Kabupaten Purworejo hingga saat ini. Pihaknya berharap tradisi ini bisa terus dilaksanakan sehingga akan menjadi sebuah bentuk penghargaan terhadap perjuangan pendahulu, sekaligus memahami tentang sejarah.

“Ini acara yang sangat penting bagi kita semua sebagai warga masyarakat Purworejo, bagi birokrasi di Kabupaten Purworejo, agar mengerti tentang sejarah Kabupaten Purworejo,” katanya.

Kegiatan ziarah ziarah juga diikuti Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, Ketua Pengadilan Negeri Purworejo Sutarno, Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo DB Susanto, Ketua TP PKK Purworejo Fatimah Verena Prihastyari, dan pimpinan BUMD serta OPD Pemkab Purworejo.

Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo, Rita Purnama mengatakan, pelaksanaan ziarah ini dimaksudkan untuk mendoakan sekaligus mengenang jasa-jasa para pendahulu yang telah berjasa kepada Kabupaten Purworejo. “Raden Singojoyo juga dinilai memiliki peran besar bagi kepemimpinan RAA Tjokronegoro,” imbuhnya.


Panuju Triangga

1 Komentar

  1. 378984 982989I love your writing style truly enjoying this internet website . 417479

Tinggalkan Balasan