Realisasi Tanam Padi di Purworejo Rendah

PURWOREJO, SM Netework – Realisasi tanam padi pada musim tanam pertama (MT 1) tahun ini dikategorikan cukup rendah, lantaran minimnya pasokan air akibat molornya musim hujan yang baru jatuh pada buan Desember 2019 lalu. Hal ini berpengaruh pada pencapaian target panen padi yang diproyeksikan menyentuh angka 192.237,5 ton Gabah Kering Giling (GKG).

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Purworejo, Eko Anang, mengaku optimis target panen padi tahun ini dapat tercapai meski sempat mengalami kemunduran musim hujan. Musim tanam pertama telah berlangsung pada Oktober 2019 hingga Maret 2020 mendatang.

“Realisasi tanam padi MT I sampai tgl 22 Januari 2020 seluas 11.291 ha, dari sasaran luas tanam 29.575 ha padi MT 1. Realisasi tanam memang masih rendah karena musim hujan baru mulai bulan Desember, kondisi normal bulan Januari realisasi tanam lebih 20.000 ha,” katanya.

Menurutnya, tingkat produksi hasil panen padi mampu meningkat dengan dengan perkiraan 6,5 ton GKG per hektar, sehingga jika produksi panen kali ini dikalikan jumlah lahan yakni 29.575 hektar maka akan menghasilkan 192.237,5 GKG. Eko Anang mengatakan, target penanaman yang dilakukan di MT 1 ini akan mulai bisa dipanen pada bulan Maret mendatang. Ia berharap hujan yang memang sudah waktunya akan membantu produksi padi pada musim tanam pertama kali ini.

“MT 1 Oktober 2019-Maret 2020, harapan kita realisasi tanam bisa mencapai target, ketersediaan air mencukupi dan tidak ada serangan organisme pengganggu tanaman (OPT), sehingga produksi meningkat,” ujarnya Ia menambahkan, wilayah yang menjadi lumbung padi di Purworejo meliputi Kecamatan Ngombol, Purwodadi, Grabag, Banyuurip, Butuh, Bayan, Pituruh.

Varietas yang ditanam sebagian besar Ciherang, Mekongga, juga ada Pandan Wangi, Menthik Wangi. “Peningkatan produksi yang diharapkan tentunya harus didukung oleh sistem pengairan yang baik. Meski terdapat banyak jenis padi, tetapi rata-rata petani menanam jenis Ciherang dan Mekongga,” katanya.


(shp)

2 Komentar

  1. 476439 81610You created some decent points there. I looked on the internet for that problem and located most individuals will go together with with the site. 36464

  2. 641700 182755Largest lover messages were produced to share it together with your and gives honour of the bride and groom. Quite sound systems facing unnecessary throngs of people really should take into account each of our valuable concept of all presenting, which is ones trailer. very best man toasts 916273

Tinggalkan Balasan