RDT Tuntas, Kebumen Segera Deklarasi New Normal

KEBUMEN, SM Network – Rapid Diagnose Test (RDT) massal yang berlangsung di seluruh wilayah Kebumen telah tuntas dilaksanakan. Kabupaten berpenduduk 1,3 juta jiwa itu pun akan memasuki kenormalan baru (new normal) setelah mengalami wabah Covid-19. “Ya, kita akan segera deklarasikan kondisi new normal tersebut,” kata Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, kemarin.

Hari terakhir rapid test massal berlangsung di tiga pasar tradisional, Minggu ( 7/6). Masing-masing Pasar Mergosono, Kecamatan Buayan, Pasar Kuwarasan dan Pasar Demangsari, Kecamatan Ayah.

Bupati Yazid selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen meninjau pelaksanaan rapid test massal itu di Pasar Mergosono dan Pasar Kuwarasan.

Ikut mendampingi, Dandim 0709 Letkol Infa MS Prawira Negara Matonda, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Satpol PP R Agung Pambudi, serta sejumlah pejabat lainnya. Menurut Yazid, setelah pelaksanaan rapid test terakhir tersebut akan dievaluasi untuk mengambil kebijakan selanjutnya.

Pihaknya berharap, meski masih ada yang reaktif Covid-19 dari hasil rapid test massal, pihaknya berharap dari uji swabnya negatif.

“Kita sudah melakukan swab 62 orang (peserta RDT massal) hasilnya negatif. Alhamdulillah hari ini ada 34 nunggu antrean. Kalau negatif, dan zero, setelah itu kita deklarasi new normal,” ungkapnya.

Sementara itu, pasien positif Covid-19 tinggal satu orang, setelah satu orang lainnya dinyatakan sembuh. Pasien dengan inisial P (44) ini merupakan rujukan lab dari RS PKU Muhammadiyah Petanahan. Tercatat ada 34 orang positif, satu di antaranya dalam perawatan, 30 sembuh, 2 meninggal dunia.


Arif Widodo

Tinggalkan Balasan