Ratusan Orang Terjaring Razia di Kecamatan Kalikajar

WONOSOBO, SM Network – Sebanyak 119 masyarakat terjaring operasi masker yang digelar tim gugus tugas Kecamatan Kalikajar. Kegiatan yang digelar di jalan utama Polsek Kalikajar, Selasa pagi (14/7) tersebut masih dalam rangka pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Wonosobo.

Operasi masker dipimpin langsung oleh Camat Kalikajar Bambang Triyono bersama Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas dan berbagai elemen Forkompinca Kecamatan Kalikajar.

” Tujuan diselenggarakan operasi masker adalah sosialisasi serta mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap mengindahkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari, utamanya dengan membiasakan memakai masker ketika beraktivitas diluar rumah demi kesehatan bersana, mengingat penyebaran covid-19 belum selesai,” kata Camat Kalikajar.

Menurut Bambang, pihaknya akan menyelenggarakan operasi masker secara berkelanjutan minimal seminggu dua kali, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat sadar akan pentingnya memakai masker sebagai pelindung dalam penyebaran dan pencegahan penularan covid-19 sehingga bisa menjadi pola hidup dengan menjaga kesehatan.

Berdasarkan hasil operasi, 119 orang yang tidak memakai masker terdiri dari 63 orang warga Kecamatan Kalikajar, 37 orang warga dari luar Wilayah Kecamatan Kalikajar, dan 19 orang dari luar Kabupaten Wonosobo. ” Kami memberikan sanksi sebagai efek jera kepada pelanggar diantaranya menghafalkan Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan, penghormatan kepada Bendera Merah Putih,” kata Camat Kalikajar yang sering disapa Bambang Trie.

Bagi pengendara maupun masyarakat yang melintas dan tidak menggunakan masker, diberikan masker kepada masyarakat. Sedangkan apabila dikemudian hari masih didapati tidak menggunakan masker, selain diberikan sanksi juga dianjurkan untuk mengambil atau membeli masker terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktifitas.

” Tak lupa, kami juga dan menyampaikan pemahaman tentang bahaya penyebaran dan penularan serta pencegahan covid-19,” imbuh Bambang Trie.

(Kim)

Tinggalkan Balasan