Ratusan CPNS Di Wonosobo Digembleng Latihan Fisik

WONOSOBO, SM Network – Sebanyak 314 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo digembleng latihan fisik, Senin (11/1). Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pembinaan latihan fisik dibagi dalam beberapa tempat.

Asisten Pemerintahan Setda Wonosobo, M Aziz Wijaya mengatakan, kegiatan tersebut dibagi menjadi empat kelompok. Yaitu di halaman gedung Adipura Kencana, SMPN 1 Wonosobo, SMPN 2 Wonosobo dan SMPN 2 Selomerto. Aziz menyebut, pembagian tersebut bertujuan untuk menghindari kerumunan dalam jumlah yang banyak. Mengingat pandemi Covid-19 di Wonosobo belum berakhir.

Aziz menjelaskan, orientasi CPNS ini dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 11 hingga 15 Januari 2021. Materi yang disampaikan cukup beragam, mulai dari PBB, perencanaan tehnis, perencanaan kesehatan, perencanaan pendidikan, keuangan, kepegawaian, dan pengawasan. Materi lain, lanjut Aziz, berupa materi terkait revormasi birokrasi, wawasan kebangsaan, pengadaan barang jasa, penyelenggaraan pemerintahan dan jam pimpinan.

“Dengan adanya materi tersebut diharapkan CPNS nantinya mempunyai fisik yang kuat, karekter yang hebat, memiliki rasa patriotisme yang militian, sehingga mereka bisa menjadi abdi negara yang bisa dihandalkan. Sebab kedepannya tugas PNS itu semakin berat seiring dengan perkembangan jaman,” ujar Aziz saat meninjau pelaksanaan kegiatan orientasi CPNS di halaman gedung Sasana Adipura Kencana.

Anggota Kodim 0707/Wonosobo, Serma Beni yang menjadi salah satu pelatih PBB menjelaskan, latihan tersebut mempunyai beberapa manfaat, diantaranya bisa melatih fisik, membentuk karakter, serta membentuk rasa persatuan dan kesatuan dalam sebuah kerja tim.

Serma Beny memberikan arahan bahwa tujuan dari PBB adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas. Sikap disiplin juga bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.

“Disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu. Latihan ini juga bisa meningkatkan kerja tim. Jadi sangat diperlukan dalam menjalankan tugas,” tegasnya di sela-sela melatih PBB.

Tinggalkan Balasan