RSUD Wonosobo Belum Turunkan Biaya Rapid Test

WONOSOBO, SM Network – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran (SE) mengenai batasan tarif rapid test antibodi untuk COVID-19 dengan tarif tertinggi Rp 150 ribu. Meski demikian, RSUD KRT Setjonegoro masih mematok tarif Rp 343 ribu untuk warga yang ingin melakukan rapid test secara mandiri.

Batasan tarif tertinggi pemeriksaan rapid test corona disampaikan Kemenkes lewat Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/2875/2020. Surat ini ditetapkan pada 6 Juli 2020 dan ditandatangani Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo. Dalam surat itu, Kemenkes menyatakan surat edaran tersebut dimaksudkan guna memberikan kepastian bagi masyarakat dan pemberi layanan pemeriksaan rapid test antibodi agar tarif yang ada dapat memberikan jaminan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan tersebut.

Humas RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo, Tri Lestari menjelaskan, pihak Rumah Sakit belum bisa melaksanakan SE tersebut mengingat reagen atau alat untuk mengetahui rekasi kimia dalam mendeteksi corona yang RSUD miliki harganya diatas Rp 200 ribu. “Belum bisa mematok harga Rp 150 ribu, mohon maaf reagen yang kita miliki masih diatas Rp 200 ribu. Kalo yang Rp 150 ribu reagenya belum bisa di order,” ujarnya saat dihubungi Suara Merdeka, Rabu (8/7).

Tri Lestari mengatakan, RSUD KRT Setjonegoro masih memiliki stock reagen yang cukup banyak sehingga SE Kemenkes tersebut tidak bisa sertamerta dilaksanakan. Untuk merealisasikan SE tersebut Tri Lestari menjelaskan, kemungkinan menunggu stock lama habis terlebih dahulu ataupun menunggu kebijakan dari Direktur RSUD KRT Setjonegoro. “Kalo Direktur perintah dengan tarif baru sesuai SE dari Kemenkes kami siap melaksanakan” tandasnya.


dib

5 Komentar

  1. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  2. These are actually great ideas in concerning blogging.

  3. 670523 713716There is noticeably a bundle comprehend this. I suppose you produced specific nice points in functions also. 32958

Tinggalkan Balasan