Rapid Test Massal 112 Orang di Temanggung Reaktif

TEMANGGUNG, SM Network – Pemkab Temanggung terus melakukan rapid test kepada warganya secara massal untuk mendeteksi dini penularan Covid-19.  Hasil rapid test massal kepada 747 orang hasilnya 112 orang di antaranya reaktif. “Hari ini kita lakukan rapid test secara massal termasuk di 2 pasar tradisional yang  buka pada pasaran Pon seperti Selopampang dan Medono, serta toko swalayan dan toko modern. Jumlah yang di rapid test sebanyak 747 dan reaktif 112 orang,”ujarnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Supardjo, Rabu (27/5/2020) petang.

Kepada 112 orang yang hasilnya reaktif tersebut diminta untuk melakukan karantina secara mandiri. Kepada mereka juga dijadwalkan akan menjalani swab test untuk pemeriksaan PCR. Menurut Suparjo, rapid test masih akan diteruskan secara massif di tempat-tempat keramaian terutama pasar tradisional. Test tersebut dilakukan secara agresif yang artinya bukan dari hasil tracking saja, tapi dilakukan secara random pada kelompok-kelompok masyarakat berisiko. 

“Kita lakukan secara random pada kelompok berisiko karena banyak berjejalan atau berdesakan seperti di pasar, di toko modern yang pengunjungnya banyak. Di situlah akan kita lakukan rapid test,”terangnya. Kabag Humas Setda Temanggung Sumarlinah menuturkan, pelaksanaan rapid test ditangani oleh petugas puskesmas yang sudah mendapat pelatihan. Dalam pelaksanaan mereka menggunakan APD lengkap. Rapid test untuk pemudik dilaksanakan di pusekmas, sedangkan untuk karyawan swalayan maupun pedagang pasar dilakukan di mobil layanan keliling.



Raditia Yoni Ariya

Tinggalkan Balasan