Rapid Test Difokuskan bagi Jamaah Tabligh

SLEMAN, SM Network – Ketersediaan rapid diagnostic test (RDT) kit Covid-19 yang terbatas memaksa Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman membuat skala prioritas untuk sasaran uji. Padahal, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Sleman merupakan yang paling tinggi se-DIY.

Dari sisi epidemiologi, salah satu klaster penularan terbesar juga berada di wilayah kabupaten ini yakni jamaah tabligh. Merespon fakta ini, Dinkes Sleman mengutamakan klaster jamaah tabligh sebagai target rapid test disamping ada pula beberapa titik fokus lainnya.

“Rapid test yang kami laksanakan masih diutamakan ke titik-titik fokus yang cukup banyak, khususnya jamaah tabligh. Ini karena RDT kit yang ada, jumlahnya hanya terbatas,” kata Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo, Senin (4/5).

Hingga saat ini, pihaknya baru menerima 3.120 RDT kit dan 2.560 unit alat diantaranya sudah digunakan. Artinya, hanya tersisa 560 alat rapid test yang bisa digunakan untuk uji 280 orang. Pasalnya, satu orang dilakukan dua kali rapid test.

“Kami masih proses pengadaan 3.200 RDT kita, dan tetap mengajukan ke provinsi,” imbuh Joko.

Dari 2.560 rapid test kit yang telah dipergunakan itu, hasilnya 81 orang menunjukkan reaktif. Setelah dilakukan uji swab, 10 orang yang sebelumnya reaktif rapid test dinyatakan positif Covid-19.

Setidaknya, 8 pasien positif diketahui merupakan anggota jamaah tabligh terdiri dari empat WNA India, dan empat orang lainnya adalah pengurus masjid.

Di lain sisi diakui persoalan keterbatasan RDT kit ini menjadi hambatan pelaksanaan pemeriksaan massal Covid-19 sebagaimana instruksi dari Pemda DIY. Namun sesuai dengan surat yang ditandatangani Wakil Gubernur DIY pada tanggal 30 April 2020, pemeriksaan bagi pengembangan terhadap klaster tabligh di Jakarta menjadi prioritas.

Hingga saat ini sudah sekitar 100 orang jamaah tabligh yang menjalani prosedur RDT. “Rapid test sudah kami lakukan terus. Memang sebagian secara senyap,” beber Joko.


Amelia Hapsari

2 Komentar

  1. 121296 625883I agree with you. I wish I had your blogging style. 783884

  2. 233066 164171An intriguing discussion is worth comment. I believe which you ought to write regarding this subject, it may well not be a taboo topic but normally persons are too few to chat on such topics. To yet another location. Cheers 305950

Tinggalkan Balasan