Rampung Dibangun, Pasar Burung “Koplak” Bisa Segera Ditempati

KEBUMEN, SM Network – Pasar Burung atau yang lebih dikenal sebagai Pasar Koplak Kebumen kini terlihat rapi setelah dibangun dengan menghabiskan dana Rp 4,7 miliar. Para pedagang yang sebelumnya dipindah ke tempat jualan sementara, dalam waktu dekat dapat menempati lokasi tersebut kembali.

Kepala UPTD Pasar II Kebumen Bambang Cahyono, mengungkapkan pembangunan pasar telah rampung dan saat ini tengah persiapan penempatan. Adapun jumlah kios sekarang sebanyak 69 unit sedangkan los sebanyak 308 titik. Adapun kios sudah dapat ditempati mulai 14 Januari 2020 mendatang.

“Los nanti akan dibagikan mulai 15 dan 16 Januari ini. Tetapi syarat menempati pedagang sudah melunasi retribusi pasar,” katanya, Kamis (9/1).

Bambang menjelaskan, bagi kios pedagang harus menyelesaikan pembayaran retribusi selama tahun 2020 sesuai ketentuan Perda nomor 1 tahun 2018. Sedangkan pedagang los cukup membayar penyelesaian retribusi yang sebelumnya. 

“Tidak ada perubahan tata letak, hanya perbaikan bangunan menjadi beton. Pembagian kios dan los akan melibatkan pedagang dan paguyuban,” imbuhnya.

Terkait pembagian kios dan los, Bambang menegaskan memprioritaskan kepada pedagang lama. Selain itu, tidak ada biaya yang ditarik pihaknya selain retribusi untuk pendapatan daerah. Kendati demikian, terkait penempatan lokasi jualan akan dikelompokkan sesuai dengan jenis pedagang.

“Pedagang sepeda sendiri, pedagang burung mengelompok sendiri. Untuk pedagang warung akan dibagi di beberapa titik,” tuturnya.

Ketika disinggung terkait trotoar pasar, Bambang mengaku hal tersebut bukan termasuk paket pekerjaan. Namun demikian, Bambang mengakui pasar yang sebelumnya terlihat semrawut akan tertata lebih baik. Seperti halnya parkir sepeda motor yang akan masuk ke area pasar tidak di tepi jalan.

“Lokasi parkir di dalam pasar tidak lagi tepi jalan raya,” tandasnya.


Arif Widodo

2 Komentar

  1. 591837 852420I very glad to locate this website on bing, just what I was looking for : D as well saved to favorites . 413648

  2. 283766 183766Bookmarked your great site. Fabulous function, special way with words! 485125

Tinggalkan Balasan