Pusat Olahraga Siap Dibangun di Kampung Halaman Bagas-Bagus

MAGELANG, SM Network – Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang mulai merealisasikan rencana pembuatan pusat olahraga tingkat desa dengan awalan membangun lapangan futsal. Dana Desa tahun 2020 senilai Rp 322 juta dikucurkan untuk menghadirkan lapangan seluas 25×16 m di atas tanah kas desa seluas 900 m2 itu.

Kepala Desa Pancuranmas, Yuni Puji Istiyono mengatakan, ada keinginan desanya memiliki sebuah pusat olahraga (sport center) yang dapat menjadi tempat menempa talenta-talenta di bidang olahraga. Sebagai awalan dibangunlah lapangan futsal dengan standar yang bagus.

“Hari ini kita meletakkan batu pertama pembangunan lapangan futsal. Kita manfaatkan tanah kas desa di belakang kantor kepala desa yang kosong. Targetnya dua bulan selesai, sehingga pada 28 Oktober nanti bisa untuk kegiatan anak muda,” ujarnya di sela acara peletakan batu pertama, Selasa (1/9).

Dibuatnya lapangan futsal ini tak lepas dari sosok Yuni yang merupakan orang tua dari si kembar pemain tim nasional, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi dan Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri. Keduanya berhasil mengharumkan nama bangsa di bidang olahraga sepak bola.

“Dengan dibangunnya lapangan futsal ini, kami harap tidak hanya Bagas dan Bagus saja, tapi juga muncul talenta-talenta baru dan berprestasi dari Desa Pancuranmas. Selain dari sepak bola atau futsal, juga dari bidang olahraga lainnya, seperti badminton, lari, dan lainnya,” katanya.

Yuni menyebutkan, pada tahun 2023 direncanakan akan memulai pembangunan lapangan serba guna di desanya. Sebidang tanah kas desa yang kosong dan luas akan menjadi lokasi dibangunnya lapangan serba guna ini.

“Cita-citanya kita ingin membuat pusat olahraga di desa. Lapangan serba guna ini bisa untuk sepak bola dan olahraga lainnya. Sekarang kita punya lapangan badminton yang nanti akan terintegrasi dengan lapangan futsal. Bertahap kita hadirkan lapangan sepak bola yang bagus,” jelasnya.

Acara peletakkan batu pertama sendiri dihadiri sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat. Termasuk Camat Secang, Budi Daryanto yang sebelumnya digelar tausiyah dan doa bersama pembangunan lapangan futsal ini.

“Kami sangat apresiasi atas mulai dibangunnya lapangan futsal ini. Di Secang baru ada dua lapangan futsal, yakni di Desa Donorejo dan Pucang. Di Pancuranmas ini lapangan yang ketiga,” tuturnya.

Menurutnya, pemerintah desa memang dituntut untuk selalu menggali potensi yang ada dan berinovasi. Pancuranmas, salah satunya yang kini berinovasi dengan membangun lapangan futsal dan rencana ke depan lapangan serba guna.

“Lokasi Pancuranmas ini sangat strategis dan potensinya banyak. Sumber daya manusia (SDM) di dalamnya juga di atas rata-rata. Maka, tidak berlebihan kami berharap muncul talenta-talenta baru di bidang olah raga yang dapat terus mengangkat nama daerah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan