ilutrasi

PURWOREJO, SM Network – Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk sementara waktu meniadakan shalat jumat, disikapi berbeda oleh masing-masing wilayah. Pengurus Daerah MUI dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Purworejo, mengaku belum mengeluarkan himbauan kepada pengurus masjid dan umat islam terkait fatwa tersebut.

Menurut Plt Ketua MUI Kabupaten Purworejo, Machin Sadzali, urgensi untuk menunda shalat jumat di wilayah Purworejo belum mendesak dilakukan. Pasalnya, Kabupaten Purworejo belum ditentukan sebagai zona merah, dalam kasus penyebaran virus korona (Covid-19) bahkan sampai saat ini belum ditemukan kasus positif, atau pasien dalam pengawasan sekalipun.

“Shalat Jumat itu fardhu ‘ain bagi seluruh umat islam (laki-laki), sehingga kita tetap melaksanakanya. Terkait dengan fatwa (MUI) dari pusat maupun wilayah (Jawa Tengah) untuk menunda jumatan, mungkin dapat dilakukan di daerah yang ramai, atau perkotaan, dimana jamaah shalat jumat bisa berasal dari mana saja.

Kalau di Purworejo saya kira masih aman, mengingat (Purworejo) belum ditentukan sebagai zona merah dan belum ditemukan orang yang terkena virus tersebut (Covid-19),” katanya, Kamis (19/3). Sejauh ini, lanjut Machin, MUI Purworejo juga belum mengeluarkan himbauan resmi berkaitan masalah tersebut.

Seperti halnya dengan teknis penyelenggaraan shalat jumat di tengah ancaman wabah Covid-19 ini. Sebagai contoh, menyikapi budaya bersalaman pasca penyelenggaraan shalat jumat, yang biasa dilakukan oleh jamaah di sebagian besar wilayah Kabupaten Purworejo.

“Adapun salaman itu merupakan sunnah, dan tidak menjadi masalah. Sekali lagi, bahwa Purworejo ini menurut pengamatan kami, masih aman dari virus corona, apalagi dalam budaya Islam, kebersihan sangat diutamakan. Sebagai contoh, sebelum shalat jumat jamaah disunnahkan mandi dan mengenakan pakaian bersih. Tuntutan itu saya kira sudah cukup untuk mewaspadai penyebaran virus korona ini,” tuturnya.

Kendati demikian, MUI Purworejo, kata Machin, menyikapi dengan bijak fatwa untuk membatasi interaksi dan menunda shalat jumat. Menurutnya, kebijakan itu sangat efektif diterapkan di wilayah-wilayah yang ramai, dan banyak lalu-lalang orang dari berbagai daerah, seperti kota-kota besar.

Memberikan keterangan terpisah, Ketua DMI Kabupaten Purworejo, Muslikhin Madiani, mengaku belum mendapat informasi ada tidaknya masjid yang menghentikan agenda shalat jumat untuk sementara waktu. Mengenai kebijakan DMI sendiri, pihaknya hanya menghimbau kepada seluruh pengurus masjid untuk meningkatkan kebersihan, sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

“Tidak ada himbauan untuk menunda atau tidak melaksanakan shalat jumat, namun kami menghimbau untuk seluruh takmir masjid meningkatkan kewaspadaan dengan cara memastikan tempat bersih dan memfasilitasi jamaah untuk cuci tangan pakai sabun,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo, melalui Sekretaris Daerah, Said Romadhon. Pemerintah memastikan penyelenggaraan shalat jumat tetap berlangsung, disertai pengawalan langsung oleh petugas dari unit kesehatan dan bantuan forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkompinca) masing-masing wilayah. Himbauan teknis pelaksanaan shalat jumat juga telah diterbitkan.

“Selama masa kewaspadaan covid-19 masjid tidak memasang karpet, melakukan sterilisasi masjid dengan penyemprotan disinfektan dengan menghubungi puskesmas terdekat , menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer. Jamaah diharapkan sudah berwudhu dari rumah dan membawa alas sholat yang bersih, setelah selesai sholat agar tidak bersalaman dan segera pulang. Bagi yang tidak sehat dihimbau agar tidak melaksanakan sholat Jum’at di masjid dan tetap sholat dhuhur di rumah,” katanya.


heru Prayogo

7 KOMENTAR

  1. With havin so much content do you ever run into any problems
    of plagorism or copyright infringement? My site has a lot of
    exclusive content I’ve either authored myself
    or outsourced but it appears a lot of it is popping it up
    all over the internet without my agreement. Do you know any ways to help reduce content from being stolen? I’d certainly appreciate it.