SM/dok - PEMULASARAAN JENAZAH: Tim gabungan melakukan pemulasaraan jenazah orang dalam pemantauan di Kecamatan Klirong, Kebumen.

KEBUMEN, SM Network – Dua orang warga Kebumen dinyatakan positif Covid-19. Kedua warga memiliki riwayat perjalanan yang sama yakni usai pulang dari Gowa, Sulawesi Selatan.
Berdasarkan rilis berita Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen, Senin (20/4/2020) malam pasien Covid-19 yang ke-9 merupakan pria asal Kecamatan Puring, Kebumen berinisial SA (56).

Dari hasil laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, pasien dinyatakan positif Covid-19. Sampai saat ini pasien masih dirawat di RSUD dr Soedirman Kebumen.

Adapun yang bersangkutan pulang dari Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan pada 22 Maret 2020 mengalami sesak nafas dan diperiksa di Puskesmas 23 Maret. Setelah itu menjadi dirujuk ke RSUD dr Soedirman dan dilakukan swab pada 16 April 2020.

“Hari ini keluar hasil laboratorium dan dinyatakan positif,” ujar Kabag Humas Setda Kebumen Eko Purwanto selaku anggota Bidang Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen.

Berdasarkan catatan, riwayat perjalanan SA sama dengan pasien positif Covid-19 ke-7 berinisial AB (55) asal Kecamatan Petanahan yang sama-sama pulang dari Gowa. Mereka diduga menghadiri acara bernama Ijtima Ulama Dunia 2020.

Sembilan Kasus

Dengan demikian, sampai saat ini tercatat sembilan orang positif Covid-19, lima pasien dalam perawatan dan dua sembuh dan dua orang meninggal dunia. Selain itu, PDP dengan hasil lab negatif bertambah satu orang dengan diterimanya hasil lab negatif yakni pria berinisial M (25) yang merupakan rujukan lab RSUD dr Soedirman.

Perkembangan kasus Covid-19 PDP tercatat 97 orang, 35 orang masih dalam pengawasan. Empat orang meninggal dunia tanpa hasil lab, 21 orang diantaranya telah selesai pengawasan dan 37 orang sesuai hasil tes negatif Covid-19. Sementara itu Orang Dengan Pemantauan (ODP) tercatat 2.307 orang, 1.709 orang telah selesai pemantauan. Sedangkan 598 orang masih dalam pemantauan.

“Gugus tugas bersama seluruh komponen masyarakat terus melakukan upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kebumen,” ujar Eko Purwanto.

Masyarakat diimbau sering mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, tetap tinggal di rumah, dengan menjaga jarak aman ketika berkomunikasi. Tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul dengan orang banyak, jika harus keluar rumah, untuk mengenakan masker.

Tetap tenang dan tidak panik, senantiasa berdoa kepada Allah. Di pagi hari agar membuka pintu dan jendela serta tidak menggunakan AC ruangan, agar di dalam ruangan ada pergantian udara dan tidak lembab. Bagi pemudik untuk lapor RT/RW setempat dan melakukan karantina diri, karena berisiko membawa Covid-19 meskipun tidak sakit.


Supriyanto/Kim