Produk Premium Dipromosikan di Grebeg UMKM DIY

YOGYAKARTA, SM Network – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan penopang utama ekonomi di DIY. Bahkan, 98,4 persen usaha tergolong UMKM dengan serapan tenaga kerja 79 persen. Data Dinas Koperasi dan UMKM DIY mencatat, ada sebanyak 193.584 UMKM di wilayah provinsi ini. Kontribusi sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi mencapai 79,6 persen. Mempertimbangkan peran strategis UMKM dalam perekonomian, Bank Indonesia (BI) DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY berinisiatif mengadakan Grebeg UMKM DIY.

Event yang diinisiasi sejak tahun 2017 itu telah memberi banyak manfaat bagi UMKM mitra binaan. Sehingga diputuskan menjadi event rutin tahunan. “Banyak rangkaian acara dalam event ini mulai dari ekspo, pelatihan, kurasi produk, fashion show hingga penampilan budaya,” kata Kepala Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan, Selasa (1/9).

Lewat event ini, UMKM DIY yang potensial akan diseleksi dan didata. Sehingga, dapat didorong untuk naik kelas menghasilkan produk premium yang berdaya saing, dan mendukung sektor pariwisata maupun ekspor. Namun ada yang berbeda pada penyelenggaraan Grebeg UMKM tahun ini. Lantaran masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, produk yang lolos kurasi ditampilkan secara virtual.

“Rangkaian acara Grebeg UMKM DIY 2020 akan lebih lama dibanding sebelumnya. Agenda tahun keempat ini diselenggarakan selama kurun periode bulan Juli sampai dengan Oktober 2020,” imbuh Hilman. Grebeg UMKM DIY 2020 juga merupakan bentuk dukungan untuk mensukseskan acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang dimulai pada 28 Agustus 2020, dan Program Nasional UMKM – Bangga Buatan Indonesia. Untuk sementara, baru ada 14 UMKM plus 1 Asmindo yang terpampang di website grebegumkmdiy.com. Ke depan akan ditambah dengan melakukan kurasi UMKM yang berpotensi ekspor.

2 Komentar

  1. 281412 969428Thank you for your quite very good data and feedback from you. car dealers in san jose 878024

  2. 719408 517404The Case For HIIT Cardio – Why You need to Concider it By the way you may want to look at this cool website I found 559629

Tinggalkan Balasan