Pria Jepang Terinfeksi Corona Setelah liburan di Indonesia

SM Network – Seorang pria Jepang terbukti positif mengidap penyakit akibat virus Corona Covid-19 usai dari liburan Indonesia. Demikian dilaporkan media nasional Jepang, NHK.

Menurut laporan tersebut, Pemerintah Kota Tokyo mengumumkan pada Sabtu, 22 Februari 2020, pria tersebut berusia 60-an tahun yang bekerja sebagai staf fasilitas perawatan lansia.

Kronologinya, pada 12 Februari 2020, pria tersebut mengunjungi sebuah institusi kesehatan setelah mengalami gejala seperti flu, Namun, kembali ke rumah pada hari yang sama karena dirinya tidak didiagnosa mengidap pneumonia. Tapi, keesokan harinya,  ia kembali bekerja dan pada 14 Februari tinggal di rumah.

Lalu, pada 15 Februari, dia dilaporkan mengunjungi Indonesia untuk berlibur bersama keluarga.

Setibanya dia di Jepang pada 19 Februari, pria itu mengalami kesulitan bernapas yang parah dan disebut mengalami kondisi serius.

Laporan NHK ini sejalan dengan pernyataan pers dari Pusat Pengendalian Penyakit Menular Virus Corona Novel Tokyo. Dari laman pemerintah Kota Tokyo yang menyatakan seorang warga Tokyo berusia 60-an teruji positif virus Corona baru dan awal gejalanya terjadi pada 12 Februari.

Pernyataan pers itu menegaskan pria tersebut tidak punya riwayat ke China 14 hari sebelum timbul gejala-gejala.

Kasus ini adalah kali kedua seseorang teruji positif mengidap Covid-19 sepulangnya dari Indonesia.

Kasus pertama menimpa seorang warga China bermarga Jin pada awal bulan ini, delapan hari setelah mengunjungi Bali.


SM Network/Viva

Tinggalkan Balasan