Prajurit Gelar Latihan Menembak Ditengah Pandemi

TEMANGGUNG, SM Network – Meski masih di masa pandemi Covid-19, namun prajurit TNI dari Kodim 0706/Temanggung tetap menggelar latihan menembak dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Pasalnya, latihan menembak tetap harus dilaksanakan untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menembak, yang menjadi garda terdepan pelindung negara.

Dandim 0706/Temanggung Letkol Infantri A.Y David Alam mengatakan, kali ini pihaknya menggelar latihan menembak dengan menggunakan senjata ringan (Latbakjatri), untuk triwulan II tahun 2020. Senjata yang digunakan adalah senapan laras panjang jenis SS1 dengan jarak 100 Meter, bertempat di Lapangan Tembak Kedungumpul Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung.

“Latbakjatri dilaksanakan sesuai dengan kondisi masa pandemi Covid-19, sesuai dengan protokol kesehatan. Menggunakan Masker dan Jaga Jarak (Social Distancing), serta mencuci tangan menggunakan cairan antiseptik, sesuai dengan program pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19. Dalam kondisi apapun tentara tetap harus menjaga kemampuan bahkan meningkatkan, sebab tugas negara bisa kapan saja dan di mana saja jadi harus siap setiap saat,”ujarnya kemarin.

Pada kesempatan itu Dandim juga menyampaikan hal penting kepada bawahannya antara lain, Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kapten Inf Budi Setiawan, serta Koordinator materi Kapten Inf Edi HartonO, dan Komandan Latihan Kapten Inf Tri Rohmadi. Ditekankan bahwa dalam latihan menembak yang perlu diperhatikan paling utama adalah faktor keselamatan prajurit dan keamanan material atau peralatan.

David menegaskan jangan hanya karena fokus pada hasil latihan namun kemudidan mengabaikan hal lain, sebab semua adalah komponen penting yang harus diprioritaskan. Artinya, latihan harus memiliki target maksimal menembak akan tetapi keamanan keselamatan terutama karena saat ini masih masa pandemi korona, maka ada sesuatu hal ekstra yang harus diperhatikan. Lalu peralatan dan material juga harus dikontrol ketat supaya semua berjalan dengan baik.

“Untuk koordinator materi dan latihan harus lebih tegas memberikan arahan kepada peserta latihan menembak agar mematuhi SOP. Harus ada tindakan preventif dan pengawasan yang ketat agar kegiatan berjalan dengan baik, aman, lancar, terarah dan maksimal,”pungkasnya.


K41/Raditia Yoni Ariya

6 Komentar

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  2. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.

  3. 132224 521330Sounds like some thing plenty of baby boomers really should study. The feelings of neglect are there in numerous levels when a single is more than the hill. 122470

  4. 498910 45508Hello, Neat post. There is a dilemma along with your website in internet explorer, could test thisK IE nonetheless could be the marketplace leader and a large portion of people will leave out your exceptional writing due to this difficulty. 392215

  5. 45430 282821I believe your suggestion would be helpful for me. I will let you know if its work for me too. Thank you for sharing this beautiful articles. thanks a great deal 367152

Tinggalkan Balasan