Potong Tumpeng dan Tari Cing Poling Warnai Peringatan Hari Jadi Purworejo

SUASANA berbeda mewarnai pelaksanaan Rapat Paripurna (Rapur) Istimewa DPRD Purworejo dalam Peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo di Gedung DPRD, Kamis (27/2). Di penghujung acara, Ketua DPRD memotong tumpeng dan diserahkan kepada Bupati. Tarian khas Purworejo, Cing Poling, juga turut disajikan.

Rapur Istimewa dipimpin Ketua DPRD, Dion Agasi Setiabudi, didampingi tiga Wakil Ketua Kelik Susilo Ardani, Yopi Prabowo, serta Frans Suharmaji. Acara dihadiri Bupati Purworejo Agus Bastian, Wakil Bupati Yuli Hastuti, Forkopimda, Sekda, para Kepala OPD, Pimpinan BUMD, serta segenap anggota Dewan.

Pada kesempatan itu, atas nama lembaga DPRD, Ketua DPRD Dion Agasi menyampaikan turut berbahagia atas Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo. “Semoga dengan semangat dan kerja keras diiringi doa yang kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kabupaten Purworejo semakin maju, makmur, sejahtera, dan semakin diperhitungkan baik di kancah regional, nasional, bahkan sampai mendunia,” tuturnya.

Di akhir acara, pemotongan tumpeng dilakukan oleh Dion Agasi yang kemudian diserahkan kepada Bupati Agus Bastian dan disambut tepuk tangan para yang hadir. Dalam sambutanya, Bupati Agus Bastian menyampaikan bahwa peringatan Hari Jadi ke-189 ini merupakan peringatan yang kedua kali paska dilakukannya revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 1994 tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Purworejo, yang menetapkan tanggal 5 Oktober 901 sebagai Hari Jadi Kabupaten Purworejo.

“Dalam aturan yang baru yakni Perda Nomor 1 Tahun 2019, Hari Jadi Kabupaten Purworejo ditetapkan tanggal 27 Pebruari 1831 Masehi. Dan kita semua layak bersyukur karena polemik yang hampir selalu mengiringi Peringatan Hari Jadi versi lama, kini sudah tidak muncul lagi,” katanya.

Peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo, imbuh Bupati, memang telah direncanakan semeriah mungkin, mengingat tahun 2020 ini merupakan gong-nya Romansa  Purworejo 2020 (tahun kunjungan wisata), sehingga nama Purworejo diharapkan semakin dikenal di seantero jagad.

“Disisi lain, berbagai kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan, diupayakan melibatkan masyarakat secara luas, agar Peringatan Hari Jadi Purworejo ini benar-benar menjadi milik masyarakat Purworejo,” imbuhnya.

Selain potong tumpeng, di akhir acara juga disajikan hiburan tarian khas Purworejo, Cing Poling, yang ditampilkan oleh kelompok Reog Cing Poling Ponco Manunggal Jati dari Desa Jatirejo, Kecamatan Kaligesing.


Panuju Triangga

3 Komentar

  1. 685085 403176Spot on with this write-up, I genuinely assume this internet site wants way far more consideration. Ill probably be once far more to read far more, thanks for that information. 266902

  2. 980737 169929genuinely excellent post, i undoubtedly really like this internet site, maintain on it 307560

  3. 173713 421200Must tow line this caravan together with van trailer home your entire family quick get exposed towards the issues along with reversing create tight placement. awnings 908397

Tinggalkan Balasan