Posko Pendukung Covid-19 DIY Dibubarkan


YOGYAKARTA, SM Network – Setelah hampir enam bulan berjalan, posko pendukung operasi Gugus Tugas Covid-19 DIY akan dibubarkan. Selama ini, keberadaan posko itu membantu terutama dalam hal penyemprotan disinfektan, dan penanganan jenazah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bergabung di posko pendukung,” kata Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 DIY Biwara Yuswantana, kemarin.

Penyelenggaraan posko yang beranggotakan TRC BPBD DIY dan berbagai unsur relawan itu sudah berlangsung sejak Maret 2020. Keberadaannya menjadi bagian dari posko terpadu, dan sekretariat gugus tugas penanganan Covid-19 DIY. 

Biwara menjelaskan, pembentukan posko pendukung dilatarbelakangi masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai proses disinfeksi dan penanganan jenazah pasien, ketika awal merebak wabah Covid-19.

Dalam perjalanannya, terbit revisi ke-5 Permenkes. Berpegang regulasi itu, Pemda DIY melakukan konsolidasi dengan BPBD kabupaten/kota, dan pihak rumah sakit. Hingga kemudian diputuskan untuk mengembalikan fungsi BPBD DIY, dan mulai September 2020, proses pemakaman jenazah pasien Covid-19 menjadi kewenangan rumah sakit, BPBD tingkat kabupaten/kota, dan satgas desa.

Sedangkan tim provinsi bertugas memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik.”Transisi untuk kembali ke ketugasan reguler akan dimulai September. Meski demikian, gugus tugas tetap bertanggung jawab secara komprehensif,” ujar Biwara yang juga menjabat Kepala Pelaksana BPBD DIY.

Selain berhubungan dengan regulasi, pengembalian unsur posko pendukung ke fungsi masing-masing juga karena pertimbangan antisipasi bencana lainnya seperti kekeringan, dimana bulan Agustus ini diprediksi merupakan puncak musim kemarau. Setelah itu, BPBD juga harus bersiap menghadapi resiko bencana pada musim hujan.


Amelia Hapsari

5 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

Tinggalkan Balasan