Polres Temanggung Siapkan Satgas Penjudi Pilkades

TEMANGGUNG, SM Network – Menjelang pelaksanaan pemilihan kepalada desa (Pilkades) serentak di 215 desa yang ada di Kabupaten Temanggung, pihak Kepolisian Resort (Polres) Temanggung telah mempersiapkan pengamanan secara menyeluruh. Termasuk pencegahan hal negatif seperti perjudian dan perbotohan, hingga kemungkinan adanya gesekan antar pendukung.

Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Ali mengatakan, untuk pengamanan menyeluruh salah satunya dengan membentuk satgas antibotoh. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya perjudian dan politik uang yang bisa berimplikasi negatif di masyarakat.

“Kami sudah membentuk Satgas antibotoh agar tidak terjadi politik uang menjelang pelaksanaan pilkades serentak pada 9 Januari 2020. Selain itu, guna mengantisipasi terjadinya tindak perjudian, agar pelaksanaan pilkades serentak bisa aman dan damai,”ujarnya kemarin.

Menurut dia, tim Satgas Antibotoh sudah bekerja efektif hingga nanti selesai dilaksanakannya pilkades. Tim Satgas akan memantau terus menerus pada saat menjelang pelaksanaan pencoblosan, yakni pada tanggal 8-9 Januari 2020 baik siang maupun malam.

“Tim Satgas sudah bekerja efeketif dan akan kita pantau orang-orang yang kita curigai, kita dalami bahwa dia akan bermain sebagai botoh. Karena dengan adanya botoh-botohan akan membuat suasana pilkades tidak baik,”katanya.

Dikatakan, kasus politik uang bisa terjadi kapan saja, baik saat pilkada maupun pilkades. Maka diapun mengimbau agar suasana kondusif dan pemilihan berlangsung sebagaimana mestinya, maka para calon tidak boleh menggunakan uang untuk mempengaruhi pemilih.

“Para calon tidak boleh menggunakan uang untuk mempengaruhi pemilih agar bisa menang tapi dengan cara tidak benar. Pada intinya akan kita tindak tegas siapa pun yang melakukan praktik-praktik seperti itu, sehingga kita harapkan pelaksanaan pilkades ini berjalan dengan adil dan jujur,”katanya.

Perwira dengan dua melati di pundak ini menuturkan, sudah melakukan maping, baik terhadap orang-orang di Temanggung maupun dari luar Temanggung. Menurut dia, untuk memudahkan pengawasan, satgas antibotoh dibagi empat rayon tetapi dalam pelaksanaannya tidak selalu satu satgas itu dalam satu rayon tersebut.

Satu satgas bisa lintas rayon karena satgas ini operasionalnya seluruh wilayah Polres Temanggung, di mana setiap satu tim satgas terdiri atas 5-6 orang. Mereka dibantu oleh masyarakat dan jaringan yang ada di wilayah. Adapun untuk personel pengamanan yang dikerahkan dalam pelaksanaan pilkades serentak ini dari Polri 840 orang, TNI 200an orang, dan dari linmas masing-masing desa ada 30 orang.


Raditya Yoni A

1 Komentar

  1. 90545 500725Id want to consult you here. Which isnt some thing Which i do! I enjoy reading a post that can make men and women feel. Also, appreciate your permitting me to comment! 162892

Tinggalkan Balasan