Polres Kebumen-Perhutani Teken MoU, Bersama Tangani Kebakaran Hutan

KEBUMEN, SM Network – Kebakaran hutan dan lahan menyebabkan kerugian bagi banyak pihak. Selain berdampak pada ekonomi, dampak yang paling buruk dari kebakaran hutan yakni menimbulkan masalah kesehatan, seperti sesak nafas dan ISPA.

Kebakaran hutan merupakan masalah yang harus tangani semua pihak. Semua wajib bersinergi untuk mencegahnya. Adanya persoalan itu, Polres Kebumen bersama dengan Perum Perhutani KPH Kedu Selatan melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama atau Memorandun of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU yang digelar di di kawasan Objek Wisata Pentulu Indah Karangsambung, Selasa (11/8/2020) itu terkait dengan penanganan bencana kebakaran hutan dan penanggulangannya. Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan hadir bersama dengan para pejabat utama Polres Kebumen. Hadir pula Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan Administratur Perum Perhutani KPH Kedu Selatan Yudha Surwardanto.

“Kegiatan penandatangan MOU ini dilaksnakan merupakan tindak lanjut atas MOU dari Polda Jateng bersama Perum Perhutani,” jelas AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Dampak Kebakaran

AKBP Rudy Cahya Kurniawan menambahkan akan menerjunkan seluruh personel termasuk Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan tentang dampak kebakaran hutan dan pencegahannya. “Saat ini telah memasuki musim kemarau. Hutan yang kering rawan terjadi kebakaran. Melalui kegiatan patroli akan kami sampaikan tentang menjaga hutan dari kebakaran. Kami dukung Perum Perhutani untuk mewujudkan hutan aman dari kebakaran,” ungkap AKBP Rudy.

Melalui patroli, masyarakat akan diimbau untuk tidak membuat api di dekat hutan. Bagi masyarakat yang tinggal disekitar hutan ada baiknya untuk menghindari membakar rumput atau apapun yang dapat berpotensi api menjadi besar. Ada baiknya saat membakar sampah, ditunggu hingga api sampai padam jangan sampai menjalar tanpa pengawasan. Administratur Perum Perhutani KPH Kedu Selatan Yudha Surwardanto menyambut baik MoU yang dilakukan dengan Polres Kebumen.


Supriyanto-K5

Tinggalkan Balasan