Polisi Buru Pengemudi Mini Bus Penyebab Kebakaran SPBU Sawangan

WONOSOBO, SM Network – SPBU Sawangan Wonosobo terbakar, Senin (29/9) malam, sekitar pukul 00.00 WIB. Api diduga berasal dari mobil yang tengah mengisi bahan bakar minyak (BBM). Pengemudi kendaraan minibus yang diduga menjadi penyebab kebakaran di SPBU melarikan diri dan tengah diburu oleh pihak kepolisian.

Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Sugiharto mengatakan, percikan api berasal dari kendaraan yang tengah mengisi BBM di SPBU Sawangan. Namun pasca kejadian, sopir kendaraan minibus tidak berada di tempat.

“Api berasal dari kendaraan yang sedang mengisi BBM. Sampai kendaraan hangus terbakar. Tetapi sopirnya melarikan diri. Saat ini kami masih mencari keberadaan sopir kendaraan tersebut,” kata dia saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (29/9).

Ia menyebut, kendaraan tersebut menyalahi aturan. Pasalnya, pemilik kendaraan memodifikasi dengan membuat tangki besar di bagian belakang kendaraan.

“Jadi pemilik mobil ini memodifikasi dengan membuat tangki tambahan. Di bagian belakang dibuat tangki khusus. Ini jelas melanggar aturan. Karena keperuntukan mobil ini jelas bukan untuk mengangkut BBM,” jelasnya.

Akibat dari kejadian ini, salah satu pompa pengisian BBM di SPBU tersebut hangus terbakar. Sedangkan pompa pengisian lainnya sebagian meleleh di bagian display. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran. Hanya ada kerusakan pompa pengisian BBM, minimarket dan kendaraan yang tengah mengisi BBM.

“Kerusakan di bagian atap SPBU, pompa pengisian BBM, minimarket dan kendaraan minibus. Tetapi untuk korban jiwa akibat kebakaran ini tidak ada,” ujarnya.

Salah satu saksi mata, Sari (53) warga Desa Selokromo Kecamatan Leksono, Wonosobo mengatakan kebakaran terjadi tengah malam. “Kejadiannya sekitar pukul 00.00 WIB tadi malam. Ada suara seperti ledakan, saya sempat kaget. Pas keluar ternyata ada kebakaran dari salah satu pengisian BBM,” ujarnya.

Pemilik warung makan depan SPBU Sawangan ini mengatakan api kemudian menjalar ke minimarket yang berada di lokasi SPBU tersebut. Api baru bisa dipadamkan dua jam berikutnya, sekitar pukul 02.00 WIB.

“Sekitar jam 2 api baru padam. Setelah banyak mobil pemadam kebakaran banyak yang datang. Tapi jumlah tepatnya berapa mobil pemadam tidak tahu,” kata dia.

Tinggalkan Balasan