SMN/dok - DONOR DARAH: Sejumlah personel polisi tengah diambil darahnya oleh petugas PMI dalam kegiatan donor darah di Mapolda DIY.

YOGYAKARTA, SM Network – Kepolisian Daerah (Polda) DIY menginstruksikan polres dan polresta jajarannya untuk menggelar aksi donor darah. Hal ini dilakukan untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) yang kekurangan stok kantong darah selama pandemi Covid-19 ini.

“Untuk Polres dan Polresta secara bergilir dan bertahap juga akan menggelar donor darah dalam beberapa hari kedepan, karena stok (kantong) darah PMI makin menipis,” tutur Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, kemarin.

Yuliyanto menyebutkan untuk Mapolda DIY sudah mengawalinya dengan menggelar donor darah massal kemarin pagi dengan menghadirkan peserta lebih dari seratus personel Polda DIY. Mereka didatangkan dari sejumlah satuan kerja (satker) seperti Brimob, Polair, Sabhara, Binmas dan PNS Polri di Mapolda DIY. Setidaknya seratus kantong darah berbagai jenis golongan darah didapatkan dari aksi itu.

“Dengan donor darah ini diharapkan PMI mendapat stok darah baru dari pendonor,” jelasnya mewakili Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar. Sementara itu Kabid Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polda DIY Kombes Pol dr Is Sarifin Sp. B menambahkan aksi donor darah dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polda DIY terhadap kemanusian di tengah pandemi korona saat ini.

“Karena sekarang selain kita menghadapi Covid-19, ternyata ada penyakit lain yang berbahaya dan juga mematikan serta sudah banyak korbannya yakni demam berdarah,” sambung pria yang juga Ketua Satgas Penanganan Operasi Aman Nusa itu.

Terpisah, perwakilan dari Kantor PMI Sleman Sutiman mengakui minimnya stok kantong darah di tempatnya. Adanya pandemi korona menjadi salah satu penyebab stok kantong darah berkurang hingga 75 persen.

“Saat ini stok darah di PMI berkurang dan terjadi di hampir semua PMI daerah. Makanya kami meminta kepada warga untuk tidak takut mendonorkan darahnya, karena kami sudah melakukan protokol pencegahan korona saat mendonorkan darah,” tandas dia.

Gading Persada/Kim

1 KOMENTAR