PMI Temanggung Perkuat SIBAT untuk Hadapi Bencana

TEMANGGUNG, SM Network – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung bersama masyarakat telah berkolaborasi membentuk desa dan kelurahan siaga bencana atau Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). Untuk memperkuat keberadaannya, PMI terus melakukan edukasi dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Kepala Markas PMI Temanggung Sri Rejeki mengatakan, PMI Kabupaten Temanggung telah memiliki 21 desa dan 1 kelurahan Siaga Bencana PMI yang dibentuk secara bertahap, dari tahun 2011 sampai tahun 2017. Masing-masing desa/kelurahan mempunyai anggota SIBAT 20 orang, bahkan ada yang mencapai 25 orang.

“Keberadaan SIBAT sangat membantu pemerintah, PMI maupun korban bencana. Peningkatan kapasitas terhadap SIBAT saat ini dilakukan dengan bimbingan teknis (bimtek), pembuatan cairan disinfektan dan pemberian disinfektan baik dalam bentuk bubuk atau cair. SIBAT sendiri diharapkan bisa menjadi penggerak dan pelopor di masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana,”ujarnya kemarin.

Dikatakan, dalam bimtek dilaksankan di masing-masing desa/kelurahan dengan narasumber Kepala Seksi Pelayan PMI Andi Pratikno. Untuk menjalankan pelatihan ini tetap menerapkan protkol kesehtaan sehingga peserta setiap wilayah 3-5 orang. Sejumlah desa yang mengikuti pelatihan antara lain Desa Pagergunung, Soborejo Kecamatan Pringsurat, Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran dan lain-lain.

Kepala Desa Dlimoyo, Kecamatan Ngadirejo Suryono mengatakan, sangat mengapresiasi pembentukan SIBAT hingga terus dilakukan bimbingan teknis secara profesional. Melalui cara ini masyarakat akan lebih tanggap terhadap bencana dan setidaknya tahu apa yang harus dilakukan, jika terjadi bencana.


Raditia Yoni Ariya/K41

5 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  3. 176553 479467There is noticeably a bundle to learn about this. I assume you produced certain excellent points in capabilities also. 294893

Tinggalkan Balasan