PMI Kebumen Salurkan Paket PHBS di Desa Zona Merah Covid-19

KEBUMEN, SM Network – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen terus aktif membantu pemerintah dalam upaya mencegah dan menekan penularan Covid-19.

Kali ini menyalurkan alat pendukung perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada delapan desa yang masuk zona merah dan dua desa binaan PMI Kebumen.

Bantuan juga berupa alat semprot (hand sprayer) dan cairan disinfektan.

Pengurus Bidang PMI Kebumen, Mukhsulinun mengatakan, bantuan perdesa terdiri atas satu alat semprot (hand sprayer) empat liter cairan disinfektan dan 20 paket PHBS.

“Ini sebagai wujud langkah nyata PMI Kabupaten Kebumen membantu pemerintah dalam rangka menekan dan mencegah menyebarnya Covid-19 di Kabupaten Kebumen,” kata Mukhsinu.

Dalam kesempatan itu, Mukhsinun didampingi Kepala SMP 1 Klirong Bambang Widadi yang juga Pengurus PMI Kebumen, menyerahkan bantuan di Desa Tanggulangin, salah satu Desa Binaan PMI Kebumen.

“Diharapkan Kepala Desa dan perangkat desa menjadi tokoh dalam penegakkan pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin di desanya,” imbuh Mukhsinun.

Disebutkan, kepala desa bersama perangkatnya mempunyai peranan yang penting dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Mengingat, perangkat desa adalah aparat pemerintahan di desa dimana menjadi contoh bagi warganya.

Pihaknya pun perlu memberikan bantuan alat semprot dan disinfektan serta paket PHBS untuk mencegah dan menekan penyebaran virus Covid-19 di desa.

Pencegahan lainnya, juga dapat dilaksanakan melalui anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sobat) atau Desa Tangguh Bencana (Destana). Di mana Sibat/Destana sebagai pelaksana teknis disesuaikan dengan protokol kesehatan sampai fungsi pengawasan, sehingga upaya pencegahan dapat dilakukan secara mandiri dan berkelanjutan.

“Dalam tata kehidupan baru (new normal) kegiatan penyemprotan desinfektan, cuci tangan pakai sabun dan penggunaan masker menjadi hal yang harus terus dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kebumen, Eko Purwanto mengungkapkan, PMI Kebumen melalui relawannya masih gencar melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum.

“Targetnya adalah fasilitas umum di wilayah kebumen seperti pasar maupun tempat-tempat yang sering digunakan warga untuk membantu mencegah dan menekan penyebaran covid19,” ucapnya.


Arif Widodo / K5

6 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  3. I used to be able to find good info from your blog posts.

Tinggalkan Balasan