PMI Ajak Masyarakat Tetap Rutin Donor Darah

MUNGKID, SM Network – Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang, ajak terus mengajak masyarakat untuk berdonor darah mandiri secara rutin. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Teknis/Petugas laborat UDD PMI Kabupaten Magelang, Susi Setyawati, Rabu (25/3).

Salah satu penyebab berkurangnya stok kantung darah karena banyak kegiatan donor darah masal yang ditunda, akibat pengaruh dari antisipasi pencegahan penularan virus Covid 19.

“Mulai di cancel sejak tanggal 16 Maret, sehingga kegiatan mobile unit UDD tidak berkegiatan donor darah masal di instansi maupun di masyarakat,” jelas Susi.

Diketahui bahwa persediaan stok kantung darah per Rabu (25/3) di UDD PMI Kabupaten Magelang, yaitu golongan darah A 37 kantung, golongan darah B 37 kantung, golongan darah O 10 kantung dan golongan darah AB 2 kantung.

Sebagai salah satu upaya menarik perhatian masyarakat untuk rutin lakukan donor darah, UDD PMI Kabupaten Magelang di Muntilan berikan souvernir berupa dompet atau kaos kepada pendonor darah mandiri.

Hal tersebut dilakukan karena UDD PMI Kabupaten Magelang mengalami kekurangan stok kantung darah, akibat berkurangnya pendonor darah. “Untuk pendonor darah di UDD PMI Kabupaten Magelang setelah berdonor darah selain mendapatkan ekstra puding, juga mendapat souvernir berupa dompet atau kaos. Hal itu untuk merangsang masyarakat tetap berdonor darah rutin di UDD PMI Kabupaten Magelang,” ucapnya.

Susi juga menjelaskan bahwa dalam proses juga dilakukan pensterilan dengan disinfektan. “Sebelum masuk ke kantor UDD PMI Kabupaten Magelang, wajib cuci tangan terlebih dahulu, yang sudah disediakan didepan pintu. Ditambah ruangan selalu steril, setiap berganti pendonor selalu diseterilkan kembali,” ujar Susi.

Menurut Susi, masih tetap ada pendonor mandiri yang datang ke UDD PMI Kabupaten Magelang, namun jumlahnya berkurang separuh pasca merebak virus Covid 19. Pihaknya juga memberlakukan anjuran donor keluarga atau donor pengganti.

“Solusinya untuk masyarakat yang membutuhkan kantung darah bisa dengan anjuran donor keluarga atau donor pengganti. Yaitu bisa mengganti kantung darah yang diminta, dengan donor keluarga, tidak harus sama golongan darahnya, yang penting bisa mengganti stok kantung darah di UDD PMI Kabupaten Magelang,” papar Susi.


Dian Nurlita

5 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  4. 358413 775780This really is the sort of info Ive long been in search of. Thanks for posting this information. 664497

Tinggalkan Balasan