PKB Deklarasi Dukung Arif-Rista, Sembilan Parpol Bulat Usung Calon Tunggal

KEBUMEN, SM Network – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kebumen menggelar deklarasi dukungan terhadap H Arif Sugiyanto dan Hj Ristawati Purwaningsih SST MM sebagai calon bupati dan calon wakil bupati di Mexolie Hotel Kebumen, Kamis (13/8/2020).

Deklarasi ini semakin membulatkan sembilan parpol yang memiliki kursi di DPRD Kebumen untuk mengusung calon tunggal pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kebumen 2020. Artinya di atas kertas sudah tertutup bagi calon lain menjadi peserta Pilbup Kebumen 2020.

Deklarasi dihadiri sembilan ketua parpol yang memiliki kursi di DPRD Kebumen. Ketua DPC PDI Perjuangan Saiful Hadi, Ketua DPC Partai Gerindra Agung Prabowo, Ketua DPD Partai Golkar Halimah Nurhayati, Kemudian Awaludin Hamid (Partai Nasdem), Muhsinun (PPP), Partai Joko Budi Sulistyanto (Partai Demokrat), Bagus Setiawan (PAN) dan Akbar Yuliastomo (PKS).

Hadir pula Sekretaris DPW PKB Jateng H Sukirman, Anggota FPKB DPR RI Taufik R Abdullah, FKB DPRD Jateng Wahid. Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Dawamuddin Masdar dan sejumlah kiai serta para fungsionaris PKB mulai dari cabang, anak cabang maupun ranting. Tokoh muda yang juga putra mantan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, dokter Faiz Alauddien Reza Mardika sebagai undangan.

Dalam kesempatan itu Ketua DPC PKB Kebumen H Zaini Miftah mengenalkan Barisan Arif & Rista yang disingkat Barista. Barista adalah istilah bagi peracik kopi. Menurut Zaini Miftah, Arif-Rista seperti barista yang bisa meracik dan menyatukan kepentingan sembilan partai politik yang memiliki ego masing-masing.

Dengan turunnya rekomendasi dari DPP PKB kepada Arif-Rista, Zaini Miftah yang juga mengikuti penjaringan sebagai bakal calon bupati mengaku ikhlas menjalankan perintah untuk siap memenangkan pasangan Arif-Rista. “Saya sudah ikhlas. Ini tidak komitmen golongan tetapi untuk Kabupaten Kebumen,” ujar Zaini Miftah dalam sambutannya.

Saat ini semua parpol berpikir untuk kemajuan Kebumen. Mengaca pada Pilkada 2015 lalu, semua masyarakat terkotak-kotak, birokrasi terkotak. Ke depan masa jabatan bupati yang hanya tiga atau empat tahun ini tidak boleh lagi memikirkan ego kepartaian. “Semua partai politik rela meletakkan egonya untuk Kebumen yang lebih baik dan membangun Kebumen yang lebih sejahtera. Kalau misal ada yang masih ikhtiar aneh-aneh yang biarkan saja,” ujarnya.

Tidak Euforia

Sekretaris DPW PKB Jateng H Sukirman menyampaikan bahwa keputusan politik tentu tidak akan memuaskan seluruh pihak. Ada riak-riak kecil yang muncul menjadi tugas DPC PKB Kebumen untuk merangkul pihak-pihak yang kecewa.
“Tingkat kemiskinan Kebumen yang tertinggi di Jateng perlu menjadi perhatian serius,” ujar Sukirman yang juga anggota DPRD Jateng tersebut.

Sementara anggota Fraksi PKB DPR RI Taufik R Abdullah menyampaikan DPP PKB akan melakukan pendampingan agar apa yang dilakukan terarah. Targetnya adalah bagaimana seluruh masyarakat memberikan dukungan secara maksimal.
“Sehingga kepemimpinan yang akan emban nanti benar-benar representasi kehendak dari rakyat,” ujar Taufik R Abdullah mengingatkan agar tidak euforia meskipun hanya terdapat calon tunggal dalam Pilbup Kebumen 2020.

Sementara itu Arif Sugiyanto menyampaikan lima isu strategis pembangunan yang diangkat meliputi perekonomian daerah dan pengentasan kemiskinan, peningkatan SDM dan gender, perbaikan infrastruktur, pengelolaan lingkungan hidup dan Sumber Daya Alam (SDA) serta reformasi birokrasi. “Ini untuk mewujudkan Kebumen sejahtera, Kebumen mandiri dan Kebumen berakhlak,” ujar Arif Sugiyanto didampingi Ristawati Purwaningsih.

Ristawati menambahkan bahwa dirinya akan mendukung seluruh program dan kebijakan bupati Kebumen. Dia juga akan fokus pada masalah yang berkaitan dengan kepentingan-kepentingan perempuan. “Masalah seperti kesehatan, pendidikan, pemenuhan gizi yang baik dan pengarusutamaan gender akan mendapat perhatian sangat serius,” ujar Ristawati mengajak masyarakat untuk tetap waspada Covid-19.


Supriyanto

3 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

Tinggalkan Balasan