SM/Arif Widodo - BERAUDIENSI : Ketua Baznas Kebumen Bambang Sucipto beraudiensi dengan Bupati Arif Sugiyanto.

KEBUMEN, SM Network – Pimpinan Baznas baru-baru ini beraudiensi dengan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih di ruang Gedung F. Hadir Ketua Baznas Bambang Sucipto, Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Hartono dan Wakil Ketua IV Bidang Kesekretariatan SDM dan Umum Najib Chamidi.

Bambang Sucipto yang belum sebulan dilantik sebagai Ketua Baznas Kebumen menyampaikan kegiatan awal yang dilaksanakan berupa sosialisasi dalam rangka mengoptimalisasi pengumpulan, pendistribusian dan pemberdayaan zakat infak sodaqoh (ZIS). Di samping itu melakukan rekrutmen muzaki/munfiq/mushodiq baru dan pembaharuan akad /ikrar bagi muzaki /munfiq/mushodiq yang lama.

“Kami juga bersama-sama dengan petugas dari Bank Jateng KC Kebumen mendampingi dan mengkoordinasikan pembuatan dan penyerahan Surat Kuasa dari para muzaki/munfiq/mushodik untuk mengautodebet dari rekening yang bersangkutan ke rekening Baznas Kabupaten Kebumen guna pembayaran zakat/infaq/ sodaqoh masing-masing,” kata Bambang.

Dalam kesempatan itu Bupati Arif Sugiyanto membayar zakat melalui Baznas. Selanjutnya Baznas memberikan Nomor Pokok Wajib Zakat ( NPWZ). Hal tersebut sebagai bukti bahwa Arif Sugiyanto merupakan WNI Muslim yang aktif dan rutin membayar zakat melalui Baznas. Ia pun merespons positif dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Baznas.

“Sebagai pengelola ZIS, Baznas sangat besar peranannya, baik dari kaca mata agama maupun pemerintah,” ucap Arif. Di satu sisi melaksanakan tugas agama membantu para muzaki dalam melaksanakan zakat, di sisi lain membatu mustahik untuk memperoleh haknya secara adil dan proporsional.

Menurut Arif, bagi pemerintah, Baznas juga selalu berdampingan bersama-sama menyalurkan ZIS untuk kepentingan sosial seperti pengentasan kemiskinan, bea siswa pendidikan, bantuan kesehatan, bedah rumah dan sebagainya. “Peran ini sudah kita buktikan dan rasakan bersama,” terang Arif.