Pilkades Serentak di Sleman Ditunda 20 Desember

SLEMAN, SM Network – Setelah terbit surat dari Menteri Dalam Negeri terkait penundaan Pilkades serentak, Pemkab Sleman menjadwalkan ulang pelaksanaan hajat demokrasi itu pada 20 Desember 2020.

“Sudah dikoordinasikan. Jika tidak ada hambatan, Pilkades serentak 2020 kami gelar pada pada hari Minggu tanggal 20 Desember,” jelas Bupati Sleman Sri Purnomo, Selasa (11/8).

Sri menuturkan, Pemkab Sleman sebenarnya siap untuk menyelenggarakan Pilkades dengan sistem e-voting pada akhir Agustus mendatang. Namun karena adanya surat dari Mendagri, pelaksanaannya harus ditunda hingga selasai Pilkada 2020 yang akan berlangsung pada 9 Desember. Kebijakan itu mengingat, Pilkada merupakan program strategis nasional sehingga harus didahulukan.

Teknis pelaksanaan Pilkades 2020 nantinya tetap sama. “Sesuai peraturan daerah, metodenya sudah ditetapkan lewat e-voting,” kata Sri.

Lebih lanjut dia menjelaskan, penundaan jadwal Pilkades serentak tidak mempengaruhi masa jabatan kepala desa yang telah habis. Mereka akan digantikan sementara oleh Penjabat Kepala Desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sleman Budiharjo mengatakan, dengan adanya penundaan pelaksanaan Pilkades 2020, pihaknya telah mengantisipasi terkait dengan keamanan sistem e-voting. Antisipasi ini diterapkan pada sistem yang melekat di komputer maupun sistem e-voting.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan