Peserta RDT Massal Diberi Kesempatan Hari Terakhir

SLEMAN, SM Network – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sleman telah melakukan rapid diagnostic test (RDT) terhadap 888 pengunjung Indogrosir. Sedianya selama dua hari, Selasa (12/5) dan Rabu (13/5), dijadwalkan 1.000 orang mengikuti rapid test. Namun sampai dengan pemeriksaan usai, ada 58 orang yang absen tanpa keterangan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan, peserta yang tidak hadir masih diberi kesempatan untuk mengikuti tes masif di hari terakhir yaitu Kamis (14/5) besok. “Mereka yang tidak hadir sudah dihubungi melalui pesan singkat WA. Tadi ada satu orang yang kemarin tidak datang, dan tetap kami layani,” kata Joko saat dikonfirmasi, Rabu (13/5).

Pada pelaksanaan RDT massal ini, Pemkab Sleman membatasi hanya untuk pengunjung Indogrosir selama rentang waktu tanggal 19 April-4 Mei 2020. Syaratnya dengan menunjukkan struk belanja, dan memiliki KTP warga Sleman. Pendaftaran tes massal ini dilakukan secara online. Peminat tes ini sebenarnya cukup banyak. Hingga batas akhir pendaftaran Senin (11/5) pukul 14.00 WIB, ada 1.750 pendaftar. Namun hanya 1.422 orang yang dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan, kuota yang disediakan sebanyak 1.500 peserta. Artinya, masih ada sisa 78 peserta.

Disinggung mengenai kemungkinan penambahan peserta, Joko mengatakan masih akan mencari skemanya. “Untuk penambahan peserta, masih dicari skema yang paling memungkinkan,” ujarnya. Harapan adanya penambahan peserta ini seperti yang diungkapkan oleh Supriyanto (32). Warga Sleman ini berkunjung ke Indogrosir di Jalan Magelang km 6 Sleman pada tanggal 28 April silam.

Namun lantaran terlambat mendapat informasi, dia baru melakukan pendaftaran secara online pada Senin (11/5) pukul 21.30 WIB. Dia sudah berusaha datang langsung ke tempat pelaksanaan RDT massal di GOR Pangukan namun ditolak. Pasalnya, peserta disyaratkan harus terlebih dulu melakukan registrasi online.

“Harapannya ada rapid test massal lagi. Kalau tidak, terpaksanya cuma melakukan isolasi diri atau ikut tes secara mandiri,” tukasnya.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan