Pertama di Yogya, Cetak KTP Drive Thru

JOGJAKARTA, SM Network – Warga Jogja patut bahagia karena dihadirkan layanan pencetakan KTP Elektronik secara cepat dan nyaman, yakni layanan drive thru (tanpa harus turun dari sepeda motor maupun mobil). Layanan ini merupakan yang pertama di Yogyakarta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Lucy Irawati mengatakan layanan ini diadakan untuk mengurangi terjadinya penumpukan di kantor di saat masa pandemi Covid-19.

“Layanan cetak e-KTP di dinas jumlahnya cukup banyak, rata-rata setiap harinya sekitar 170 keping”, katanya.

Pelayanan berupa pencetakan KTP Elektronik rusak atau hilang. Sedangkan untuk perekaman baru atau perubahan data tetap dilayani di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dokumen yang disertakan untuk warga yang ingin mencetak KTP elektronik karena rusak adalah KTP elektronik lama disertai Kartu Keluarga (KK), sedangkan untuk KTP elektronik yang hilang wajib menyertakan surat kehilangan dari pihak kepolisian.

“Layanan ‘drive thru’ cetak e-KTP dibuka setiap Selasa, Rabu, dan Kamis di halaman parkir kompleks Balai Kota Yogyakarta,” jelasnya di Yogyakarta, Kamis (2/7).

Lucy menambahkan, hari pertama kemarin tercatat 140 pemohon yang menggunakan layanan ‘drive thru’ ini.

“saat ini telah ditambah mesin cetak menjadi empat unit sehingga proses layanan diharapkan semakin cepat”, tambahnya.

Salah satu warga yang mengakses layanan “drive thru” cetak e-KTP Supriyono mengatakan antrenya cukup lama. “Saya lama menunggu sampai jadi sekitar 1,5 jam. Kata petugasnya karena ada sesekali jaringan internet yang error”, katanya.

Meskipun demikian, Supri mengatakan layanan “drive thru” tersebut lebih praktis dibanding harus mengurus secara langsung dengan datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta.

“Jadi layanan ini sangat membantu, jauh lebih mudah meski antrenya cukup lama,” pungkasnya.


Dananjoyo

Tinggalkan Balasan