Persiapan Yogyakarta Sambut Wisatawan Libur Natal dan Tahun Baru

JOGJAKARTA, SM Network – Dinas Pariwisata Yogyakarta melakukan sejumlah persiapan guna menyambut wisatawan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.

Di antaranya, destinasi dan obyek wisata harus menerapkan protokol kesehatan, sarana dan prasarana juga diperiksa kembali kelayakannya.

SM/Dananjoyo

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta Singgih Raharjo, kemarin.

“Pastikan semua aman, apakah ada yang rusak atau tidak,” katanya

Menurutnya, perbaikan sarana dan prasarana penunjang penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu yang dipersiapkan guna menyambut wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru.

SM/Dananjoyo

Lanjutnya, beberapa langkah yang dilakukan yakni penambahan wastafel, hand sanitizer, thermo gun, dan petugas jaga.

“Penerapan protokol kesehatan sudah menjadi sebuah keharusan, sehingga hal-hal yang kurang, musti segera diperbaiki” ungkap Singgih.

Kemudian, promosi aplikasi Visiting Jogja juga akan kembali dilakukan.

“Aplikasi Visiting Jogja untuk reservasi sehingga dapat mengurangi antrean di loket obyek wisata, selain itu data juga makin lengkap guna pelacakan,” jelas dia.

Terkait ijin gelaran perayaan Natal dan Tahun Baru, menurutnya, Yogyakarta saat ini tidak melarang pagelaran perayaan Natal dan Tahun Baru. Namun demikian, penyelenggara wajib mematuhi protokol kesehatan seperti pengetatan aturan jaga jarak.

“Perayaan Tahun Baru tidak ada larangan, namun tidak boleh ada kerumunan, seperti itu prinsipnya,” jelasnya.

Satgas Covid-19 Yogyakarta juga dihimbau untuk tidak menerbitkan izin untuk acara yang punya potensi kerumunan,” pungkas Singgih.

Tinggalkan Balasan