Permudah Pelayanan, PDAM Tirta Aji Teken Kerjasama Dengan Bank Mandiri

WONOSOBO, SM Network – PDAM Tirta Aji Wonosobo bekerjasama dengan Bank Mandiri teken kerjasama permudah pelayanan kepada masyarakat. PDAM Tirta Aji berkomitmen meningkatkan aspek bisnis sekaligus pelayanan kepada warga kurang mampu.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Aji Wonosobo Muchammad Sjahid dalam acara “Penandatanganan Kerjsama antara PDAM Tirta Aji Wonosobo dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk,” di Aula Kantor PDAM Tirta Aji, setempat, Selasa (29/9).

“Jadi PDAM Tirta Aji tidak sebatas economic oriented tapi juga sosial oriented. Karena dari sejumlah 100 ribu lebih pelanggan, 40 ribu merupakan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sambungan rumah (SR) kategori MBR diberi keringanan khusus,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Tehnik Suparno, Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirta Aji Nur Aziz, Area Head Bank Mandiri Magelang Tiwi Shintarasti, Transaction Bangking Sales Manager Helmi Ikhwanul Arifin dan Branc Manager Bank Mandiri Wonosobo Listyaning Widowati.

Menurut Sjahid kerjasama yang dijalin dengan Bank Mandiri terkait dengan penerimaan pembayaran air minum secara host to host. Pelanggan air minum nantinya bisa melakukan pembayaran secara online lewat ATM Bank Mandiri, yang punya tehnologi informasi sangat profesional dan baik.

Meski berada di kota kecil, lanjutnya, namun jumlah pelanggan terbanyak kedua setelah PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Jaringan transmisi juga terpanjang sekitar 1.600 kilometer dengan medan yang cukup ekstrem dan tingkat kesulitan yang tinggi.

“Jumlah pelanggan yang banyak menjadi tantangan sendiri. Karena itu, saat ini, PDAM Tirta Aji tengah mengembangkan program digitalisasi pelayanan, baik yang bersifat tehnik maupun non tehnik. Jadi nanti pelayanan dilakukan cepat, mudah dan profesional,” katanya.

Area Head Bank Mandiri Magelang, Tiwi Shintarasti mengapresiasi atas kerjasama pihaknya dengan PDAM Tirta Aji. Kerjasama ini merupakan yang pertama di berbagai daerah. Era digital meniscayakan kolaborasi antar institusi di bidang tehnologi informasi dalam pelayanan publik.

“Ke depan tidak saja kerjasama dalam pembayaran tarif air tapi bisa dikembangkan untuk pembayaran gaji dan pelayanan kredit bagi karyawan PDAM Tirta Aji. Bank Mandiri ingin juga ingin memberikan solusi dan kemudahan pada pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Meski di kota kecil, tambahnya, jika ada kemudahan dalam hal pelayanan publik, pasti akan banyak dilirik orang lain dari luar daerah. Apalagi Wonosobo punya Bukit Sikunir dan Kawah Sikidang di Dieng, adanya pengembangan tehnologi public service akan semakin jadi daya tarik wisatawan dan investor.

Tinggalkan Balasan