PEMERIKSAAN : Wartawan Suara Merdeka, M Nur Chakim lakukan pemeriksaan sebelum divaksin COVID-19 di RS PKU Muhammadiyah, Rabu (24/2).

WONOSOBO, SM Network – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo kembali menggelar vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Vaksinasi ini diberikan kepada kelompok prioritas gelombang kedua, yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Vaksinasi yang ditarget mencapai 30 ribu lebih dosis tersebut mendapat respon yang baik dimasyarakat. Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Wonosobo, Jailan Sulat mengatakan, permintaan vaksinasi dari masyarakat cukup tinggi.

”Penyuntikan dosis kedua sudah diberikan mulai Rabu (10/3. Vaksinasi gelombang kedua ini untuk tenaga kesehatan dan pelayan publik. Undangan sudah muncul di notifikasi pemberitahuan via SMS,” ungkapnya. Menurutnya, proses vaksinasi akan terus dilakukan dengan memperhatikan ketersediaan vaksin yang dimiliki Pemkab Wonosobo. Meskipun diakuinya, permintaan masyarakat untuk divaksin belakangan ini semakin meningkat.

”Banyak yang sudah minta divaksin, termasuk pedagang kaki lima dan masyarakat umum. Mereka sudah melihat efek atau risiko dari vaksin itu sangat kecil. Vaksin juga bisa digunakan untuk lansia,” katanya. Dijelaskan Jaelan, untuk vaksinasi tahap kedua ini, pihaknya memakai vaksin multidose, 1 botol (vial) untuk 10 dosis atau orang. Standar indeks penggunaan 8,5 atau 1 vial untuk 8,5 orang sasaran.

Di DKK Wonosobo memaksimalkan 1 vial untuk 9 orang. ”Usia 60 tahun ke atas kita vaksinasi dengan interval penyuntikan dosis 1 dan 2 selama 28 hari. Komorbid sejauh terkontrol dan tanpa komplikasi bisa divaksin,” terangnya. Diketahui, tahap kedua vaksinasi covid-19 di Wonosobo, mulai dilaksanakan pada Rabu (25/2/).

Peserta vaksinasi wajib mengikuti program vaksin dua kali, setelah selang 14 hari sejak vaksin pertama. Sebanyak 10 ribu dosis vaksin Sinovac untuk 5.000 sasaran, meliputi kalangan ASN pelayanan publik, aparat TNI-Polri, tenaga kesehatan, hingga wartawan, dialokasikan pada termin pertama, di 23 fasilitas kesehatan se-Wonosobo.

Sasaran keseluruhan pada vaksinasi tahap kedua mencapai 34 ribu dosis, yang ditujukan bagi ASN dan sektor pelayanan publik, yang dinilai paling rentan terpapar virus Corona. Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo hingga, Jumat (12/3) masih terus menunjukkan adanya pertambahan konfirmasi positif, sehingga secara akumulasi total sudah mencapai 5 ribu lebih kasus conform positif.