Peringati HUT Kemerdekaan RI, Pemuda Ayamputih Kenalkan Objek Wisata Baru

MOMEN Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 tahun ini dimanfaatkan oleh pemuda pemudi Desa Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen dengan mengenalkan destinasi wisata baru.

Objek wisata tersebut yaitu Pantai Heppi Ayamputih. Lokasinya sekitar satu kilometer dari Jalan Nasional JJLS atau Jaringan Jalan Lintas Selatan di desa setempat, yang pada sebelah Barat dibatasi muara Sungai Luk Ulo Kebumen.

Sepanjang jalur menuju laut dihiasi rindang tanaman Reside yang membentuk terowongan. Di tempat tersebut sering digunakan untuk swafoto dan berteduh. Pada kanan kirinya juga terdapat lahan yang dijadikan agrowisata berupa tanaman semangka dan melon.

Saat masa panen, pengunjung dipersilahkan memetik sendiri dan menikmati langsung buah tersebut. Pihak pengelola benar-benar memanjakan pengunjung. Di sekitar pantai itu juga dilengkapi berbagai fasilitas dari mulai permainan anak, tempat tongkrong berupa gazebo serta warung dan tempat parkir yang luas.

Kali ini, dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI dipusatkan di Pantai Heppi Ayamputih. Riuh rendah gelaran acaranya pun mengundang perhatian masyarakat dan pengunjung. Berbagai lomba dilaksanakan, antara lain tumpeng, tarik tambang, panjat pinang, balap karung, memecah air dengan mata tertutup, joget balon dan hiburan musik dangdut.

Dalam suasana pandemi Covid-19, pengelola pun mewajibkan pengunjung untuk mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker.

Pembina Pengelola Objek Wisata Pantai Heppi Ayamputih, Musito mengatakan, di Kebumen memang banyak terdapat wisata pantai. “Tapi yang unik ada di Pantai Heppi Ayamputih,” kata Musito yang Mantan Anggota DPRD Kebumen periode 2014 – 2019 itu.

Pantai yang masuk kawasan Urut Sewu Kebumen itu dinikai potensial untuk dikembangkan. Tidak hanya pantainya yang indah, namun juga muara sungai Luk Ulo yang bisa dikembangkan menjadi wisata air serta tambak udang dan area agrowisata sekitarnya.


Arif Widodo

Tinggalkan Balasan