SM/Adib Annas Maulana - BACAKAN PIDATO : Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo bacakan pidato dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional di halaman Pendapa Bupati, Selasa (10/11).

WONOSOBO, SM Network – Peringatan Hari Pahlawan 2020 Kabupaten Wonosobo digelar sederhana mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Bertugas sebagai Irup upacara Hari Pahlawan, Sekretaris Daerah (Sekda) Wonosobo One Andang Wardoyo mengajak masyarakat untuk ikut berjuang perangi Covid-19.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan, kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua, untuk terus meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka, sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi covid-19 yang saat ini melanda dunia,” kata Sekda upacara Hari Pahlawan di halaman Pendapa Bupati, Selasa (10/11).

Sekda menegaskan, Hari Pahlawan seharusnya tidak sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua warga negara Indonesia.
Nilai-nilai kepahlawanan, ujar Andang, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia. Selain itu Andang juga mengajak masyarakat untuk menjadi pahlawan masa kini yang peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Mari, tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan Negara, dengan menjadi pahlawan masa kini, yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain” tegasnya.

Andang menambahkan, para pahlawan bisa menjadi motivasi bersama, dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Setiap zaman pasti ada pahlawannya, dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Bangsa ini memerlukan pahlawan baru, yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya, untuk memajukan negeri ini. Oleh karenanya, mari kita tanamkan bersama nilai-nilai kepahlawanan pada setiap diri kita tanpa kecuali. Dan melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini, marilah senantiasa berbuat yang terbaik bagi bangsa, serta berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari lingkungan yang terdekat, yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan, bagi bangsa dan Negara,” pungkasnya.