Peringati Detik-detik Proklamasi, Lampu APILL Dimerahkan Sejenak

MAGELANG, SM Network – Pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang akan menyalakan lampu merah di seluruh alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL). Lampu tanda berhenti akan menyala tepat pukul 10.17 dan sirine juga akan dibunyikan selama tiga menit.

Kepala Dishub Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Ady mengatakan, langkah ini dilakukan sebagai bentuk pengingat kepada masyarakat untuk menghentikan sejenak seluruh kegiatan yang sedang dilakukan pada saat Detik-detik Proklamasi. Hal ini juga tanda rasa nasionalisme masyarakat terhadap bangsanya.

“Seluruh masyarakat yang sedang berkendara dan beraktivitas di jalan raya diharapkan untuk menghentikan laju kendaraan serta kegiatannya sejenak sebagai bentuk penghormatan saat Detik-detik Proklamasi,” ujarnya, Sabtu (15/8).

Dikatakannya, Area Traffic Control System (ATCS) Kota Magelang akan membunyikan sirene tepat pukul 10.17 WIB pada 17 Agustus 2020 sesuai arahan pemerintah. Sirine dinyalan selama 3 menit.

“Kami harap kerja sama dari semua masyarakat untuk terlibat langsung dalam peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini, yakni dengan menghentikan sejenak seluruh kegiatan yang sedang dilakukan,” katanya.

Chandra menambahkan, Dinas Perhubungan akan menyiagakan petugas ke lokasi lampu lalu lintas untuk memantau peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 tersebut.

“Ada 22 persimpangan yang akan kita merahkan saat Detik-detik Proklamasi,” jelasnya.

Dia menyebutkan, ke-22 persimpangan ini terdiri dari 17 simpang ber-APILL dan 5 simpang tidak ber-APILL. Masing-masing akan ditempatkan satu mobil atau motor patroli dari kepolisian, Kodim, Sub Denpom, Dishub, dan Satpol PP Kota Magelang yang memiliki sirine.

“Untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan itu, Dishub dan aparat lainnya menggelar simulasi. Kami menerjunkan 44 petugas Dishub. Lalu didukung 22 personel kepolisian, 8 personel Sub Denpom, 22 personel Kodim, dan 22 personel Satpol PP.


Asef Amani

4 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

Tinggalkan Balasan