Peringatan HUT Kemerdekaan RI SMK Ristek Rowokele Diiringi Gejog Lesung

KEBUMEN, SM Network – Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 di tengah pandemi Covid-19 tetap meriah di SMK Ristek Rowokele Kebumen. Kemeriahan itu saat detik-detik proklamasi yang diiringi irama gejok lesung.

Layaknya menggunakan perangkat marching band, lima siswa SMK Ristek memukulkan aku (tongkat) ke rongga lesung (alat penumbuh padi zaman dulu), hingga menimbulkan bunyi ritmis yang memecah sirine selama kurang lebih 3 menit.

Kepala SMK Ristek Rowokele Darmawan Wisnu Aji usai upacara menyampaikan, pemilihan lesung sebagai instrumen menandai detik-detik proklamasi bukan tanpa alasan. Pihaknya ingin siswa-siswinya mengenal alat komunikasi era kemerdekaan ini. Harapan besarnya, lesung tetap lestari karena di era serba teknologi ini lesung hampir hilang ditelan zaman.

“Sebagai ingatan saja bahwa lesung dulu kala digunakan sebagai alat komunikasi dan identik dengan ketahanan pangan karena fungsi utamanya memang untuk menumbuk padi,” terangnya.

Dengan siswa mengenal budaya-budaya masyarakat Indonesia di era kemerdekaan, ia berharap karakter kebangsaan akan mampu diserap siswa tak hanya melalui buku.

“Intinya pendidikan kita disini membangun karakter, lesung juga memiliki korelasi karakter kebudayaan yang kita miliki,” terangnya lagi.

Sebelumnya, ia sebagai inspektur upacara juga menyampaikan, peringatan HUT RI jangan hanya sebatas seremonial, melainkan juga sebagai refleksi untuk menyongsong kemerdekaan terbebas dari ancaman Covid-19.

“Kita maknai kemerdekaan ini untuk keselamatan bersama, menjadi pahlawan untuk diri sendiri dan orang lain,” ucapnya.

Upacara HUT Kemerdekaan RI pada17 Agustus itu dimulai pukul 10.00. Peserta yang mengenakan baju adat, sebelum memasuki area sekolah “dicegat” di pos keamanan sekolah untuk dicek suhu tubuh menggunakan thermo gun. Selanjutnya petugas juga mengarahkan peserta upacara untuk mencuci tangan di wastafel komunal yang telah disediakan.


Arif Widodo / K5

Tinggalkan Balasan