Penyelidikan Sejumlah Kasus Dugaan Korupsi Tiba-tiba Dihentikan. Ada Apa Dengan KPK?

SM NETWORK – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba-tiba menghentikan penyelidikan terhadap puluhan kasus dugaan tindak pidana korupsi. Penghentian penanganan perkara tersebut sudah berlangsung sejak 20 Desember 2019 samai 20 Februari 2020.

Seperti dilngsir oleh viva.co.id, sebanyak 36 kasus penyelidikan dugaan korupsi dihentikan, sejak kepemimpinan Firli Bahuri dkk. Penghentian ini diketahui dari dokumen paparan Arah dan Kebijakan Umum KPK Tahun 2020.

Dalam dokumen tersebut, disebutkan ada 325 penyelidikan aktif yang dilakukan KPK hingga 20 Februari 2020. Dokumen itu juga menyebut sekitar 21 Surat Perintah Penyidikan perkara korupsi sudah diterbitkan selama Firli cs menjabat.

Saat diminta klarifikasi, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, tidak membantah kebenaran informasi dalam dokumen tersebut. Namun dirinya belum bersedia menjabarkan kasus apa saja yang dihentikan dalam penyelidikan pihaknya.

“Nanti akan kami tanggapi,” kata Ali melalui pesan singkat,” ujar Ali Fikri, Kamis (20/02/2020).

Ali Fikri, sebelumnya juga pernah mengatakan lembaganya memang berencana menghentikan beberapa kasus yang masih dalam proses penyelidikan. Menurut dia, pengehentian penyelidikan itu dilakukan apabila tak ditemukan bukti permulaan yang kuat.

Viva/Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan