SM/Adib Annas Maulana - BERI SAMBUTAN : Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat berikan sambutan dalam acara pelantikan pengurus TP PKK di Pendapa Kabupaten, Kamis (4/3).

WONOSOBO, SM Network – Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat didampingi Wakil Bupati Muhammad Albar dan Sekda One Andang Wardoyo resmi melantik Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten di Pendapa setempat, kemarin. Dalam sambutanya, Bupati meminta kepada para pengurus TP PKK Kabupaten yang baru saja di lantik untuk segera bergerak turun kelapangan.

Afif mengatakan, banyak hal yang harus segera dilakukan berdasarkan sepuluh program PKK dalam situasi pandemi ini. Mulai dari penguatan pendidikan karakter, sosialisasi pola asuh anak dengan baik di masa pandemi, hingga melaksanakan upaya untuk menambah pendapatan keluarga dalam pengentasan kemiskinan.

“Sosialisasi 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi juga perlu digencarkan. Perilaku hidup bersih dan sehat atau biasa disingkat PHBS juga harus disosialisasikan dengan baik di masyarakat,” tandas Afif.

Afif menambahkan, sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat pelantikan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah tanggal 26 Februri lalu, TP PKK diimbau untuk mendukung pencapaian visi dan misi Bupati. Terlebih dalam situasi pandemi global seperti ini, dimana tidak ada kepastian atas kondisi selanjutnya.

Akibat pandemi Covid-19, lanjut Bupati, pintu persoalan seperti kesehatan, perekonomian, pendidikan sosial sampai spiritual muncul. Berbagai isu seperti lingkungan, perempuan dan anak, juga disabilitas menurutnya perlu dikelola secara khusus.
“Segenap pengurus TP PKK harus bekerja sama dalam tim yang solid, karena butuh energi besar untuk mengatasi persoalan dan menciptakan perubahan. Semua harus selaras, bersinergi dan efektif, terlebih pada masa pandemi yang sangat berat ini,” tegasnya.

Tak hanya fokus pada permasalahan kesehatan, TP PKK juga diminta Afif untuk peduli terhadap kerusakan lingkungan. Meminimalisir kerusakan lingkungan dengan penanaman tanaman serta kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan lainya perlu digalakkan kembali.

“Pelantikan Pengurus TP PKK Kabupaten Wonosobo ini, sebagai langkah yang baik demi meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Semoga para pengurus TP PKK yang dilantik dapat menjalankan amanah dengan baik dan bertanggung jawab,” pungkasnya.