Penguasaan Konten Digital Penting Dimiliki Pengelola Destinasi Wisata

SLEMAN, SM Network- Memasuki era Adaptasi Kebiasan Baru (ABK), industri pariwisata mulai mencoba bangkit setelah beberapa bulan terpuruk akibat pandemi Covid-19. Penguasaan konten digital oleh pemilik destinasi wisata dinilai penting untuk turut mendongkrak gairah pariwisata di Tanah Air.

“Konten digital saat ini luar biasa pengaruhnya. Supaya wisatawan tidak kehilangan memorinya terhadap sebuah destinasi wisata. Sekarang berbekal HP bisa jadi luar biasa,” imbuh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo usai membuka Workshop dan Pelatihan Konten Digital bagi Pengelola Destinasi Wisata yang digelar Badan Otorita Borobudur (BOB), Jumat (7/8).

Singgih mengatakan, pengelola wisata juga tidak perlu malu-malu untuk belajar teknologi digital. Pasalnya, jika mereka mahir mengelola digitalisasi tersebut maka efeknya juga akan dirasakan mereka sendiri.

“Kepada peserta manfaatkan pelatihan yang cukup langka ini,” imbuh dia di Taman Tebing Breksi yang menjadi lokasi pelatihan.

Oleh BOB, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Aktivasi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Berlangsung 7-9 Agustus, ke-12 peserta yang ambil bagian bakal langsung mendapatkan pendampingan konten digital selama tiga kali pada 14, 21 dan 28 Agustus ini. Mereka bakal mendapatkan materi dan pelatihan tiga sub-bidang ekonomi kreatif meliputi fotografi, videografi, dan narasi. Pelatihan dilakukan oleh mentor yakni Ulet Ifansati sebagai mentor fotografi, Budi Satriawan (mentor videografi), dan Aisyah Hilal (mentor narasi). Kedepan diharapkan Pengelola Tebing Breksi dapat mengambil objek gambar baik dengan foto maupun video dari berbagai angel dan memberikan narasi yang bisa memberikan informasi yang efektif kepada wisata atau masyarakat.

“Pada akhir workshop dan pendampingan ini para peserta akan menampilkan karya mereka selama kegiatan dengan objek kawasan wisata sekitar Tebing Breksi,” sambung Bisma Jatmika, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita menambahkan pihaknya secara simultan terus memberikan motivasi kepada para pengelola Destinasi Pariwisata.

“Kami berharap pelatihan ini mampu memberi penawar bagi bangkitnya industri pariwisata. Dengan adanya program aktivasi SDM Parekraf melalui workshop dan pendampingan konten digital ini nantinya akan menggerakkan kepercayaan pelaku wisata maupun wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata kembali dengan penyesuaian-penyesuaian sesuai protokol kesehatan yang sudah diterapkan,” tandas Indah.


Gading Persada

6 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

  3. 11227 767513I definitely did not realize that. Learnt something new nowadays! Thanks for that. 755968

  4. 819328 927312I just added this weblog to my rss reader, exceptional stuff. I like your writing style. 360690

  5. 549045 9645For anybody who is interested in enviromentally friendly items, may possibly possibly surprise for you the crooks to keep in mind that and earn under a holder just because kind dissolved acquire various liters to crucial oil to make. every day deal livingsocial discount baltimore washington 976139

Tinggalkan Balasan