SM/Arif Widodo - KENANG-KENANGAN : Perwakilan petani porang Kebumen Akif Fatwal Amin (kanan) menyerahkan kenang-kenangan tanaman porang kepada Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Selasa (12/1).

KEBUMEN, SM Network – Porang sebagai komoditas unggulan yang terbuka peluang pasar ekspor tak terhingga masih perlu dikenalkan lagi. Terutama di Kebumen yang selama ini memiliki ikon burung walet.

Perwakilan dari Kelompok Petani Porang di Kebumen yang dikomandani Akif Fatwal Amin pun mengenalkannya ke berbagai pihak. Seperti yang dilakukannya saat menemui Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Selasa (12/1).

Selanjutnya, Akif meminta DPRD ikut membantu mengembangkan porang. Dalam kesempatan tersebut, Akif menyerahkan kenangan-kenangan berupa beberapa pohon porang dalam vas bunga (pot) untuk dipajang di gedung DPRD Kebumen.

Tanaman yang memiliki banyak produk turunan mulai bahan makanan, kesehatan dan bahan kosmetik itu tampak indah. Dengan adanya tanaman porang yang dipajang di kantor Dewan itu menambah daya tarik bagi yang melihatnya. Hal itu sekaligus mengenalkan tanaman sejenis umbi-umbian tersebut.

“Kami para petani porang Kebumen bermaksud untuk lebih mengenalkan porang di Kebumen, mengingat komoditas porang sangat bagus untuk meningkatkan hasil pertanian di Kebumen dan porang pun memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi,” ucap Akif.

Karena itu, perhatian dari DPRD serta Pemerintah Daerah Kebumen sangat dinanti. Dalam ajang silaturrahmi itu juga membahas tentang masalah paska panen (penjualan hasil panen) serta pra tanam (ketersediaan bibit porang).

Akif menjelaskan hingga saat ini telah ada sedikitnya lima pabrik pengolahan porang bersekala besar dan salah satunya di Jawa Tengah (Semarang). Di mana kebutuhan pasar ekspor masih sangat tinggi serta pangsa pasar dalam negeri belum terakomodasi.

Adapun terkait ketersediaan bibit porang untuk Kebumen, Akif mengakui memang masih kurang, sehingga sering didatangkan dari luar Kebumen. Pihaknya pun berharap ada campur tangan dari pihak terkait agar ketersediaan bibit bisa terpenuhi.

“Insya Allah, kami juga akan bersilaturrahi ke Bupati Kebumen saat menjelang panen, agar beliau bersedia mengawali panen raya porang nanti,” tandas Akif seraya berharap dukungan dari orang nomor satu di bumi Beriman itu.